Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Tembus 5 Persen, Perindo Masuk Parpol Papan Tengah

Rabu, 28 Juni 2023 09:42 WIB
Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh bulan jelang Pemilu 2024, elektabilitas atau tingkat keterpilihan Partai Perindo terus menunjukkan tren peningkatan yang signifikan.

Hal ini terpotret dalam hasil survei Political Weather Station (PWS) pada Juni 2023 ini. 

Peneliti PWS Sharazani memaparkan, elektabilitas partai pendukung Capres Ganjar Pranowo itu masuk ke jajaran parpol papan menengah dan berpeluang lolos ke parlemen. "Elektabilitas Partai Perindo sebesar 5 persen," kata Sharazani dalam rilis surveinya secara daring, Senin (26/6) lalu.

Data PWS bahkan juga menunjukkan jika partai ini mampu menyalip dua parpol yang kini berada dalam parlemen. Kedua parpol itu adalah PAN dan PPP. Kedua parpol itu juga diprediksi tidak lolos ke Senayan lagi lantaran masih berada di bawah minimal ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen. "PAN sebesar 3,8 persen dan PPP sebesar 2,1 persen," ujarnya. 

Baca juga : Literasi Rendah Picu Penipuan Keuangan

Survei PWS ini dilakukan pada tanggal 10-18 Juni 2023 di 34 Provinsi Indonesia. Adapun, jumlah sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang diperoleh melalui metode teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Sementara itu, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,83 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Kian menguatnya elektabilitas partai berlambang burung garuda yang membentangkan sayap ini, memacu optimisme pengurus dan kader meraih suara double digit di Pemilu 2024. 

"Dengan kerja militan para kader, ditambah semakin banyaknya tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda bergabung dengan Partai Perindo, diharapkan target dua digit bulan Oktober-November 2023 dapat tercapai,” kata HT beberapa waktu lalu.

Baca juga : Survei Terbaru Populi Center: Elektabilitas Ganjar Naik, Tembus 35,8 Persen

HT pun mengingatkan kepada kader Partai Perindo agar terus berjuang dan bekerja keras. "Kita harus berjuang maksimal, jangan pernah menyerah, sebelum tujuan tercapai. Ayo semangat, kita bangun Indonesia menjadi maju dan sejahtera,” tegas HT.

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menyatakan, kuatnya elektabilitas Perindo menambah energi sekaligus semangat bagi para pengurus dan caleg terhadap masa depan Partai Perindo di Pemilu 2024.

Selain itu, menjadi bukti bahwa partai yang dikomandoi Hary Tanoesoedibjo ini semakin diterima oleh masyarakat luas. "Tentu kami akan semakin bekerja semakin keras, agar double digit yang ditargetkan Ketua Umum dapat diwujudkan secara maksimal," ungkap Rofiq. 

Ia yakin dan percaya program-program yang telah dilakukan oleh Partai Perindo pun menjadi kunci tingkat penerimaan (akseptabilitas) masyarakat terhadap Partai Perindo. Di antaranya program Gerobak Perindo untuk pedagang UMKM serta perlidungan dan pendampingan terhadap anak dan perempuan melalui kiprah Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Perindo.

Baca juga : Survei Populi: Elektabilitas 35,8 Persen, Ganjar Kembali Salip Prabowo

Di samping itu, melonjaknya elektabilitas Partai Perindo juga didorong pergerakan para bacaleg yang mulai bersosialisasi, sehingga telah membuat masyarakat semakin mengenal Partai Perindo lebih dekat. "Partai Perindo bukan hanya sekedar memberikan harapan, tetapi juga memberikan bukti atas keberpihakan terhadap rakyat kecil secara terus menerus tanpa henti," tukas Rofiq

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.