Dark/Light Mode

Di HUT ke-72, Surya Paloh Dianugerahi Gelar ”Guru Rakyat”

Senin, 17 Juli 2023 20:56 WIB
Surya Paloh menerima piagam penghargaan sebagai ”guru rakyat”. (Foto: Ist)
Surya Paloh menerima piagam penghargaan sebagai ”guru rakyat”. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sejenak kemudian, Surya Paloh dan Willy Aditya keluar dari gedung untuk menemui massa yang merangsek ke lobi gedung. Setelah menerima aneka tumpeng dan mengaminkan doa-doa baik dari para hadirin, Surya Paloh menerima piagam penghargaan sebagai ”guru rakyat”. Piagam penghargaan itu diserahkan oleh Jati, mewakili Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI), organisasi kemasyarakatan pendukung perubahan.

”SKI memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Surya Paloh atas kepemimpinan, keberanian dan keteladanannya dalam menjaga demokrasi Indonesia,” tulis piagam tersebut, sebagaimana dilantukan Jati.

Baca juga : Ultah Surya Paloh Dirayakan Dengan Apel Siaga Di GBK

”Kepadanya kami sematkan gelar guru rakyat. Surya Paloh telah memberikan inspirasi dan pelajaran kepada segenap anak bangsa untuk setia mendengarkan aspirasi rakyat,” lanjutnya.

Setelah pembacaan isi piagam, Jati secara spontan menyanyikan lagu “We Shall Overcome” yang dikenal sebagai ”anthem” para aktivis gerakan sosial di berbagai belahan dunia.

Baca juga : Meriahkan HUT Jatim ke-78, PRJ Surabaya 2023 Siap Digelar

”Kakak Surya menyatakan terimakasih dan sangat terharu dengan ketulusan para warga. Kami semakin teryakinkan bahwa benteng demokrasi adalah rakyat dan alhamdulillah Kakak Surya teguh berada di dalam benteng tersebut,” jelas Jati.

Sebagai simbol dukungan total masyarakat sipil terhadap gerakan perubahan, Jati tak lupa mengutip satu larik puisi Sutardji calzoum Bachri, yang sekaligus mengakhiri anjangsana singkat itu:

Baca juga : Deklarasi Relawan Anies, Surya Paloh Nggak Datang Tanpa Alasan

”Yang tertusuk padamu, berdarah padaku! Selamat ulang tahun, Kakak Surya!" pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.