Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Nofi Candra: Gerindra Dan Prabowo Selalu Di Hati Rakyat Sumbar

Sabtu, 5 Agustus 2023 14:18 WIB
Politisi Partai Gerindra yang juga Bakal Caleg DPR RI Dapil Sumatera Barat 1, Nofi Candra. Foto: Istimewa
Politisi Partai Gerindra yang juga Bakal Caleg DPR RI Dapil Sumatera Barat 1, Nofi Candra. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menyebut, Partai Gerindra dan Prabowo Subianto berpotensi mencetak hattrick alias menang tiga kali beruntun di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Politisi Partai Gerindra asal Sumbar Nofi Candra mengatakan alasannya. Pertama, Prabowo menjadi satu­satunya Capres yang ada di hati masyarakat Sumbar.

"Setiap Pilpres, suara mayoritas ke Pak Prabowo. Meski sempat kecewa karena masuk ke Pemerintahan, namun perlahan rakyat Sumbar sadar dan percaya kembali kepada Pak Prabowo," kata Nofi saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Masyarakat Sumbar sadar, bergabungnya Prabowo di Kabinet Presiden Jokowi adalah demi persatuan dan kesatuan bangsa. Masyarakat Sumbar pun enggan dipecah belah kembali.

"Kinerja beliau sebagai Menteri Pertahanan juga baik," tambahnya.

Baca juga : Gus-Gus Nusantara Gelar Doa Bersama Untuk Ganjar Pranowo Di Blitar

Sementara untuk partai, menurutnya, Gerindra menjadi salah satu partai di Sumbar yang konsisten melayani masyarakat. Anggota legislatif baik DPR Pusat hingga DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota rajin turun merawat daerah pemilihan.

"Salah satunya Anggota DPR Andre Rosiade. Survei Indikator itu bukti mesin partai dan anggota legislatif di Sumbar berputar optimal," ungkap pria caleg Gerindra Dapil Sumbar 1 ini.

Politisi kelahiran Solok 50 tahun silam ini yakin, Gerindra akan menang telak di Tanah Minang. Dia sudah berkeliling menemui berbagai elemen masyarakat.

Pria yang pernah menjadi Senator mewakili Provinsi Sumbar 2014­2019 ini juga optimistis akan lolos ke Senayan.

"Saya tidak mencari suara lagi. Insya Allah tinggal menjemput suara yang dulu. Saya juga sudah berkeliling. Alhamdulillah, lebih dimudahkan karena Pak Prabowo dan temen­temen Gerindra lain juga rajin menemui akar rumput," pungkasnya.

Baca juga : Bos Gerindra DKI Optimistis Prabowo Menang Di Jakarta

Sebelumnya, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi memaparkan, dalam survei teranyarnya di wilayah Sumbar, elektabilitas Gerindra dan Prabowo di posisi puncak.

Untuk survei Pilpres dalam simulasi tiga nama, Prabowo berada di peringkat teratas bursa Capres dengan 48,0 persen. Sementara Anies Baswedan 39,5 persen disusul Ganjar Pranowo yang cuma meraih 6,2 persen.

"Bila Pilpres dilakukan saat ini, yang akan dipilih masyarakat Sumbar adalah Prabowo Subianto. Bisa hattrick di provinsi ini," kata Burhanuddin dalam rilis survei secara daring, kemarin.

Menurutnya, Prabowo memang selalu mendominasi perolehan suara di Pilpres 2014 dan 2019. Di Pemilu 2014, Prabowo Subianto­Hatta Rajasa merebut 1.797.505 suara atau 76,9 persen. Sedangkan rivalnya, Jokowi-Jusuf Kalla hanya meraih 539.308 suara atau 23,1 persen.

Sementara di Pilpres 2019, Prabowo­Sandiaga Uno memperoleh 2.488.733 suara atau 85,95 persen mengalahkan Jokowi­Ma'ruf Amin dengan perolehan 407.671 suara atau 14,5 persen.

Baca juga : KPU Dan Pemprov Belum Sepakat Tuh

Bila Prabowo head to head melawan Anies, Prabowo memperoleh angka 49,2 persen dan Anies 42,3 persen. Bila head to head melawan Ganjar, Prabowo menang signifikan 70,5 persen, Ganjar hanya 9,4 persen.

Sementara, untuk survei partai politik di Sumbar, Partai Gerindra di posisi puncak di simulasi 18 partai dan top of mind parpol.

Elektabilitas Partai Gerindra mencapai 23,8 persen. Disusul PKS 11,5 persen dan De mokrat 11 persen. Posisi berikutnya, Golkar 10,6 persen, PAN 10 persen, NasDem 7,1 persen, PDI Perjuangan 2,6 persen, PPP 1,5 persen, Perindo 0,9 persen, PKB 0,9 persen, Hanura 0,4 persen, PSI 0,2 persen, Gelora 0,2 persen, PBB 0,1 persen, Partai Ummat 0,1 per sen, Partai Buruh, PKN, dan Garuda masing­-masing 0 persen, dan tidak tahu 19 persen.

Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia Rizka Halida menyebut, selain kinerja Prabowo di Kabinet Jokowi, Ketua DPD Sumbar Partai Gerindra Andre Rosiade punya kontribusi besar membesarkan Gerindra di provinsi ini.

Survei Indikator digelar pada 26 Juni­10 Juli 2023 dengan melibatkan 810 responden di tiap dapil. Adapun Sumbar terdiri dari 2 dapil, dengan demikian responden total di 2 dapil yakni 1.620. Metode survei tatap muka. Margin of error survei ini yakni +/­ 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.