Dark/Light Mode

Hasto: Jurkam Banteng Kudu Tuntas Pahami Ide Bung Karno

Sabtu, 5 Agustus 2023 15:22 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Istimewa
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Pemilu 2024, PDI Perjuangan mempersiapkan ratusan Juru Kampanye (Jurkam) tingkat nasional. Para Jurkam Banteng ini digembleng pemikiran intelektual Bung Karno.

Pelatihan ini digelar di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu (5/8). Diikuti 100 kader muda yang berasal dari utusan masing-masing DPD serta utusan sayap dan badan partai.

Dalam pembukaan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta para Jurkam muda partai tuntas memahami pemikiran Presiden Soekarno.

Agar dapat meneladani dan belajar dari tradisi intelektual sang proklamator. "Ide-idenya harus segar seperti Bung Karno," imbau Hasto di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8).

Baca juga : Data Jadi Tantangan Industri, Ini 3 Solusi Dari Sibernetik

Dia mencontohkan bagaimana keterampilan intelektual Soekarno yang pada usia muda 26 tahun, sudah bisa menghadirkan gagasan pembentukan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Hasto berpesan agar para jurkam muda harus bisa belajar dari negara-negara seperti India hingga Tiongkok, yang berhasil mengembangkan kemajuan-kemajuan di tengah kekurangan yang ada.

"Menjadi jurkam bukan hanya sekadar keterampilan berbicara, tetapi harus ada kesatuan antara pikiran dan hati," ujarnya.

Untuk itu, para Jurkam muda kudu banyak referensi. Yang paling mudah, para kader harus terus mengembangkan diri dengan menjadikan buku sebagai jendela dunia. Selain itu, memanfaatkan dengan optimal the university of internet untuk mengakses informasi-informasi yang penting. "Jadi bagaimana Bung Karno punya mimpi menjadikan Indonesia mencapai kemajuan dalam seluruh aspek kehidupan," sarannya.

Baca juga : Cuma Kasih Peringatan, Banteng Masih Lembek Ke Budiman

Diingatkan Hasto, para Jurkam muda partai terus mengasah komunikasi politik dalam merebut hati rakyat.

"Anda dilatih bukan untuk menjadi jurkam kaleng-kaleng, tetapi yang punya karakter dan kepribadian," imbaunya.

Para Jurkam muda ini, selain untuk memenangkan partai, juga untuk pemenangan bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

"Nanti ikut mendampingi Pak Ganjar saat datang ke daerah. Makanya komunikasi harus efektif," pesannya.

Baca juga : Hadapi Dua Tantangan, Industri Migas Harapkan Kebijakan Komprehensif

Diketahui, DPP PDI Perjuangan menggelar pelatihan juru kampanye (jurkam) partai tingkat nasional dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pelatihan berlangsung pada 5-6 Agustus 2023. Pelatihan diikuti 100 orang peserta. Mereka berasal dari utusan 32 DPD di luar Pulau Jawa berjumlah 64 orang, utusan DPD Partai di pulau Jawa sebanyak 24 orang dan utusan sayap dan badan partai 12 orang, 17 di antaranya kader putri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.