Dark/Light Mode

PKB Ke Anies, Kans Airlangga Cawapres Prabowo Tambah Besar

Jumat, 1 September 2023 18:35 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (31/8). Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (31/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar PKB merapat ke koalisi Anies Baswedan, jadi sinyal positif bagi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pasalnya, saingan memperebutkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto berkurang.

Pengamat Politik dari Universitas Nasional, Dr. Safrizal Rambe menilai, penentuan Cawapres Prabowo, tak lagi kompleks. Sebab, PKB yang sejak awal bareng Gerindra, pindah gerbong.

Baca juga : PKB Merapat Ke Anies, Pengamat Sebut Suara Prabowo Akan Tergerus

"PKB dan Golkar, daya tawarnya besar sehingga membuat penentuan Cawapres rumit. Jika PKB hengkan dari koalisi, justru positif bagi soliditas internal Koalisi Indonesia Maju. Golkar dengan Airlangga Hartantonya, memiliki kans terbesar dipilih sebagai pendamping Prabowo. Sebab, PAN secara suara, daya bargainnya kecil," kata Rambe dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Ditambahkan, sinyal kuat Airlangga duet dengan Prabowo kian nampak. Terbaru, Prabowo datang ke markas DPP Partai Golkar di Slipi Jakarta Barat, Kamis (31/8) sore. Prabowo disambut hangat petinggi Beringin. Prabowo bahkan dikasih kuda oleh Airlangga.

Baca juga : Soal Cawapres, Prabowo: Jangan Tanya, Saya Aja Belum Tahu

Kemesraan Prabowo dan Airlangga juga nampak pada perayaan HUT ke-25 PAN Hotel Sultan, Jakarta, Senin (28/8) malam.

Kunjungan Prabowo ini, kata Rambe, tentu akan dibaca sebagai bagian dari konsolidasi koalisi yang arahnya meminta Airlangga mendampingi Prabowo sebagai Cawapres.

Baca juga : Relawan Bintang Garuda: Prabowo Petugas Rakyat

Sebab dengan PKB hengkang, Golkar amat penting kepastiannya bertahan di koalisi bagi Prabowo.

"Apalagi suara Partai Golkar besar dan mesin partainya berjalan. Golkar juga jangkar perekat koalisi. Sosok Airlangga juga punya prestasi dan track yang mampu melengkapi Prabowo," ungkapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.