Dark/Light Mode

Sowan Ke Ponpes Langitan, Yusril Didoain Istiqomah 

Senin, 11 September 2023 17:26 WIB
Ketua Umum Partai Bulan Bintang PBB Yusril Ihza Mahendra mengadakan pertemuan khusus dengan KH. Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu (10/9). Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Bulan Bintang PBB Yusril Ihza Mahendra mengadakan pertemuan khusus dengan KH. Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu (10/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengadakan pertemuan khusus dengan KH. Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu malam (10/9).

Kedatangan Yusril yang didampingi Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki ini berlangsung tertutup.

Kiai Ubaidillah hanya ditemani putranya, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Langitan Gus Alawi. Pertemuan berlangsung sekitar dua jam disertai jamuan makam malam dan berjalan kaki melihat-lihat kehidupan di dalam pesantren yang berdiri sekitar tahun 1850 itu.

Yusril menceritakan, kunjungannya ke Pondok Pesantren Langitan adalah untuk bersilaturrahmi. Hubungannya dengan pondok tersebut telah terjalin ketika KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan ulama sepuh pondok tersebut KH. Abdullah Faqih masih hidup.

Baca juga : Rebecca Klopper, Lagi, Diduga Pemeran Video Syur

Menilik sejarah, Kiai Faqih sangat berterima kasih dan menghormati Yusril yang rela mundur menjadi Calon Presiden RI dalam Sidang MPR 1999 dan memberikan kesempatan kepada Gus Dur.

Kiai Faqih mengatakan Yusril adalah tokoh berjiwa besar yang menjaga persatuan umat.

"Dia anak Masyumi yang paham sejarah politik umat Islam dan sangat dekat hubungannya dengan kaum nahdliiyin," kata Yusril menirukan ucapan Kiai Faqih.

Setelah Kiai Faqih wafat, putranya yang kini mengelola Pondok Langitan, KH. Ubaidillah Faqih meneruskan hubungan baik itu.

Baca juga : Kemenperin Pasang Alat Pemantau Kualitas Udara Di Daerah Industri 

"Saya sangat menghormati Kiai Ubaidillah, dan menganggap beliau sebagai kiyai yang mukasyafah yang mampu melihat persoalan yang tak terlihat manusia biasa. Beliau mewarisi kemampuan itu berkat gemblengan para leluhurnya," ujar Yusril.

Gayung bersambut, Kiai Ubaidillah memberikan nasihat dan mendoakan Yusril agar tetap istiqomah dan konsisten dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan memperhatikan kehidupan umat Islam Indonesia.

"Saya mendo'akan agar Pak Yusril menjadi salah seorang pemimpin bangsa yang amanah yang dapat membangun hukum dan menata negara ini dengan baik, agar bisa menjadi negara yang adil dan makmur," ujar Afriansyah yang mendampingi Yusril dalam pertemuan tersebut menirukan ucapan Kiai Ubaidillah.

Afriansyah Noor mengungkapkan, Kiai Ubaidilah menitip salam kepada Prabowo Subianto melalui Yusril.

Baca juga : Pesan Ponsel Online,Yang Datang Granat

"Beliau mengatakan, dengan tangan terbuka akan menyambut kedatangan Pak Prabowo bersilaturrahim dengan para kiyai dan santri Pondok Pesantren Langitan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.