Dark/Light Mode

Sebelum Ketemu Ketum PDIP

Kaesang Diminta Ketemu Puan Dulu

Minggu, 1 Oktober 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan), Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni (tengah) menghadiri kegiatan Konsolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Provinsi Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (30/9/2023). (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan), Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni (tengah) menghadiri kegiatan Konsolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Provinsi Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (30/9/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua DPP Gerindra, Ahmad Riza Patria optimistis, Kaesang dan PSI akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Prabowo. Karena itu, dia tak masalah rencana pertemuan Gibran dengan Mega.

“Insyaallah, tidak ada masalah. Semua memang harus bertemu ya, karena pada akhirnya kita semua harus bersama membangun bangsa dan negara,” jelas Riza, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (30/9/2023).

Menurutnya, semua pimpinan partai politik memang harus bertemu dan bersilaturahim. Meski beda pilihan, semuanya sebagai anak bangsa perlu terus membangun persatuan dan kesatuan Indonesia.

Kata Riza, Gerindra sudah berkunjung ke PSI. Bahkan Prabowo sendiri yang langsung memimpin kunjungan tersebut. Begitu juga saat menggelar pertemuan di Hambalang.

Baca juga : Kaesang Disenggol KPU

“Kemarin juga acara di Hambalang temen-temen PSI juga hadir. Di banyak kesempatan yang diadakan oleh Partai Gerindra maupun koalisi,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Lagipula, Riza mengklaim, hubungan Gerindra dan PSI dinilai semakin baik dan solid. Ia menyakini bahwa PSI akan mendeklarasikan dukungan bagi Prabowo.

Bagaimana hitung-hitungan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah dengan langkah Kaesang. Dia menilai, sikap PDIP yang meminta bisa bertemu Puan itu sudah cukup baik.

Bahkan dalam konteks PDIP hari ini, masih rasional jika Kaesang hanya dipertemukan dengan salah satu ketua DPP PDIP. Perlu dicatat, Puan adalah representasi Mega untuk saat ini.

Baca juga : 1 Atau 2 Pasang Imin Siap Lawan

Lalu ke mana Kaesang Cs akan berkoalisi? “PSI tidak mungkin memiliki keputusan mandiri. Mereka akan merujuk pada arah telunjuk Jokowi. Sementara ini mereka akan memihak ke Prabowo,” kata Dedi.

Warganet ramai komentari sikap Puan. “Permainan catur kelas tinggi,” cetus @Rockgar12. “Ketum PSI masih anak kemarin, temui dulu Mba Puan,” kata @Manguni21.

“Kaesang mau ketemu Mega, tapi Puan malah bilang supaya Kaesang ketemu dia dulu. Lah untuk apa? Apakah Puan sekarang menjabat ketua umum PDIP? Atau apa karena itu partai keluarga sehingga kalau mau ketemu emaknya mesti ketemu anaknya dulu?” tanya @yedijasiahaan.

“Loh kan aku Ketum Parpol ya harus ketemu ketum juga mbak,” kata @Dhany, rendah, seolah Kaesang. “Waduh, kok ketum PSI disuruh menemui Puan. Nggak sopan, ketum ketemu ketum, tanpa melihat syarat apapun,” pungkas @miosumio3.

Baca juga : Pengamat: Sebelum Tutup TikTok Shop, Lakukan Uji Publik Dulu

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 1/10/2023 dengan judul Sebelum Ketemu Ketum PDIP, Kaesang Diminta Ketemu Puan Dulu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.