Dark/Light Mode

Ditunjukkan Di Rakernas IV PDIP

Jokowi-Mega Solid Menangkan Ganjar

Senin, 2 Oktober 2023 08:00 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi dan Capres PDIP Ganjar Pranowo memegang bibit Mari Sejahterakan Petani (MSP), di sela-sela Rakernas IV PDIP, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Bibit unggul padi ini ditemukan di Lampung oleh Surono Danu.

 Sebelumnya 
Acara pembukaan dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Megawati. Setelah itu dilanjutkan pidato Ganjar dan Jokowi.

Mega mengawali pidatonya dengan bicara soal pangan. Presiden ke-5 RI ini mengungkapkan bagaimana tingkat konsumsi beras masyarakat yang sangat tinggi yaitu, 96 kilogram pertahun perkapita. Menurut dia, idealnya konsumsi beras 60 kilogram per orang per tahun.

Mega mengatakan, konsumsi beras yang tinggi ini membawa banyak akibat. Tekanan ekonomi saat harga beras naik. Juga membawa implikasi terhadap kesehatan seperti penyakit gula atau diabetes.

Baca juga : Megawati Bahas Pemenangan Ganjar Dan Beri Pidato Penutupan

Mega menegaskan, persoalan pangan tidak hanya bisa dijawab secara teknokratis. Sebab, persoalan ini sangat erat dengan aspek ideologis yaitu tentang keberpihakan serta tentang komitmen Indonesia untuk berdiri di atas kaki sendiri di bidang pangan.

Putri Proklamator Bung Karno ini lantas membuka secara resmi Rakernas IV PDIP. Setelah Mega, lanjut Ganjar yang naik ke atas panggung. Ganjar mengawali pidato dengan memberikan pujian kepada Mega dan Jokowi. Ganjar bilang, Mega adalah tokoh yang selalu memikirkan nasib wong cilik. Hal itu terlihat dari kebijakan partai. Sebelum bicara kedaulatan pangan, PDIP juga bicara soal menyelesaikan persoalan stunting.

Kepada Jokowi, Ganjar menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sebagai mentor yang telah memberikan banyak pelajaran. “Sehingga saya medapatkan banyak ruang untuk bisa belajar. Terima kasih Pak Presiden,” lanjut Ganjar, disambut tepuk tangan.

Baca juga : Megawati Pekikkan Salam Pancasila Bareng Wartawan

Ganjar lalu memaparkan ide dan gagasannya dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Kata Ganjar, tema Rakernas PDIP kali ini sangat relevan. “Pangan harus dijadikan supremasi kepemimpinan Indonesia di kancah dunia,” kata Ganjar.

Kedaulatan pangan, lanjut Ganjar, tentu tidak bisa terjadi begitu saja. Butuh peran serta pemerintah untuk menjadikan Indonesia menjadi negara swasembada pangan. Negara harus menjadikan petani dan nelayan sebagai tuan di negerinya sendiri.

“Kita harus jadikan sawah sebagai hamparan kesejahteraan dan laut sebagai hamparan kemakmuran,” cetusnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.