Dark/Light Mode

Kakak Mega Bicara Kemungkinan Suksesi Di PDIP

Rabu, 4 Oktober 2023 08:00 WIB
Putra sulung Presiden pertama RI, Guntur Soekarnoputra. (Foto: Instagram GP Nusa Tenggara Barat)
Putra sulung Presiden pertama RI, Guntur Soekarnoputra. (Foto: Instagram GP Nusa Tenggara Barat)

 Sebelumnya 
Guntur menambahkan, langkah Jokowi untuk dapat menjadi Ketua Umum PDIP sangat dimungkinkan. Namun, harus diputuskan melalui kongres luar biasa PDIP yang benar-benar demokratis. “Masalahnya adalah, apakah Megawati, Jokowi, dan partai mau?” tanya Guntur menutup tulisannya.

Apa tanggapan PDIP soal usul Guntur tersebut? Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menerimanya, sebagai usulan. Hanya saja, saat ini partainya tengah fokus pada pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024.

Baca juga : Jokowi: Ngeri!

Menurut Hasto, proses pergantian atau suksesi kepemimpinan Ketua Umum PDIP baru akan dibahas setelah Pemilu. Sementara forum pergantian ketua umum, akan dilakukan lewat kongres partai yang akan digelar pada 2025.

Sementara, Putra Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ogah menanggapi usulan Guntur yang mendorong ayahnya jadi Ketua Umum PDIP. Ia merasa hal itu di luar kewenangannya yang hanya sebatas kader biasa.

Baca juga : Komrad Pancasila Dorong Semua Pihak Sukseskan Pemilu Damai

“Untuk yang itu, yang bisa jawab pimpinan-pimpinan ya. Saya kan cuma kader biasa. Beliau yang bisa jawab. Pak Rudy, ketua-ketua. Itu yang bisa jawab. Saya nggak ikut,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 4/10/2023 dengan judul Kakak Mega Bicara Kemungkinan Suksesi Di PDIP

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.