Dark/Light Mode

Golkar Jabar Yakin Raih 25 Kursi DPRD

Kader Beringin Digembleng

Kamis, 5 Oktober 2023 07:40 WIB
Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Jabar MQ Iswara. (Foto: Ist)
Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Jabar MQ Iswara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Jawa Barat (Jabar) optimistis bakal calon anggota legislatif (caleg) mampu merebut banyak kursi Dewan. Pasalnya, para kader yang diterjunkan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sudah digembleng dengan pelatihan dan pendidikan politik.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Jabar MQ Iswara me­nyatakan, pihaknya sudah menyerahan berkas hasil pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar, Selasa (3/10).

Sebanyak 120 bakal caleg telah dimasukkan Partai Golkar dalam berkas hasil pencermatan DCT ke KPU.

“Kami optimistis mencapai target perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar. Sebab, ratusan kader yang kami terjunkan di Pileg 2024 sudah menda­pat pelatihan dan pendidikan politik,” ujar Iswara di Bandung, Jabar, kemarin.

Baca juga : Amankan Kursi Ketua DPRD Dan Wali Kota

Lebih lanjut, dia menguraikan, DPD I Partai Golkar Provinsi Jabar, membidik 25 kursi Dewan di Pileg mendatang. Menurutnya, target itu masih realistis untuk dicapai, meski naik 11 kursi Dewan dari capaian Pileg sebelumnya.

Ketua Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Wilayah Jawa I (Jakarta, Jabar, Banten) ini menambahkan, dari 120 nama bakal caleg yang diserahkan ke KPU, sebanyak 33 persen atau 39 orang di antaranya perempuan.

Hal tersebut, kata dia, mencerminkan komitmen Partai Golkar agar kaum perempuan berperan aktif di dunia politik.

“Soal keterwakilan perempuan,kami tak sekadar memenuhi per­syaratan undang-undang. Kami memberi ruang dan berkomit­men untuk meningkatkan peran perempuan,” tegas dia.

Baca juga : Gobel: Rakyat Jangan Cuma Jadi Penonton Pembangunan

Terkait ada atau tidaknya re­visi nama dalam berkas pencer­matan DCT, Iswara mengatakan, pihaknya hanya mengganti dua nama bakal caleg.

Menurutnya, kedua bakal caleg itu mengundurkan diri karena diterima pada pekerjaan lain, menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dia pun mengapresiasi kerjakeras seluruh kader Partai Golkar di Provinsi Jabar, karena hasil survei elektabilitas partai naik ke peringkat kedua, menggeser posisi PDI Perjuangan (PDIP) di Provinsi Jabar.

“Ini hasil kerja kolektif selu­ruh kader partai di semua tingka­tan. Termasuk, kerja caleg DPR, caleg DPRD Provinsi serta caleg DPRD Kabupaten dan Kota,” tandasnya.

Baca juga : Badan Saksi Golkar Yakin Menangkan Beringin Dan Prabowo

Terpisah, Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jabar Hedi Ardia mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi hasil pencermatan DCT hingga 18 Oktober 2023. Setelah itu, KPU akan melakukan perekapan pada 19-23 Oktober 2023.

“Tahapan selanjutnya, kami akan melakukan penyusunan DCT pada 24 Oktober sampai 2 November. DCT akan ditetapkan pada 4 November 2023,” jelas Hedi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 5/10/2023 dengan judul Golkar Jabar Yakin Raih 25 Kursi DPRD, Kader Beringin Digembleng

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.