Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gobel: Rakyat Jangan Cuma Jadi Penonton Pembangunan

Sabtu, 16 September 2023 17:06 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kanan) dalam kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional JKN BPJS Kesehatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sabtu (16/9/2023). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kanan) dalam kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional JKN BPJS Kesehatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sabtu (16/9/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengingatkan para pengambil kebijakan, agar lebih intens melibatkan masyarakat dalam pembangunan.

“Rakyat jangan jadi penonton pembangunan. Karena tujuan pembangunan adalah memajukan dan menyejahterakan rakyat. Fokus pembangunan adalah rakyat,” kata Gobel, dalam kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Sabtu (16/9/2023).

Dalam acara yang dihadiri Kepala Cabang BPJS Kesehatan Gorontalo Djamal Ardiansyah, Gobel mengatakan, pembangunan adalah upaya membangun masyarakat. Agar terjadi perbaikan dan kemajuan di segala bidang, secara sistematis dan terencana. Karena itu, pembangunan harus menyertakan dan melibatkan masyarakat.

Salah satu bentuknya yang paling sederhana, adalah menjadikan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja dalam kegiatan pembangunan tersebut.

Baca juga : Kakek Selandia Baru Jadi Pembalap Tertua Di Dunia

“Tapi, masyarakat juga jangan hanya ingin pekerjaannya. Masyarakat harus bisa bekerja keras dan meningkatkan kemampuannya,” kata Gobel.

Kegiatan sosialisasi program JKN ini merupakan bagian dari upaya menyiapkan sumberdaya manusia, agar bisa terlibat secara optimal di dalam pembangunan.

“Masyarakatnya harus sehat dan kuat. Manfaatkan program jaminan kesehatan ini dengan baik dan benar,” katanya.

Untuk itu, Gobel mengajak masyarakat, agar selalu mengecek kepesertaannya dalam program JKN melalui aplikasi Mobile JKN. Jangan sampai, pada saat dibutuhkan, kepesertaannya tidak aktif.

Baca juga : Mengapa Menulis Tangan Masih Penting? Ini Alasannya

Selain itu, masyarakat juga harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya melalui pendidikan. Dengan demikian, masyarakat bisa benar-benar terlibat dalam proses pembangunan.

Pembangunan sumberdaya manusia ini, kata Gobel, mendapat perhatian serius dari Presiden Jokowi. Mulai dari pendidikan, kesehatan, jaminan kesehatan, dan perjuangan mengatasi masalah stunting yang masih tinggi di Indonesia.

"Pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas, bukan hanya agar masyarakat menjadi terlibat aktif dalam pembangunan, tetapi juga menjadikan pembangunan dan kemajuan Indonesia terjamin keberlanjutannya," papar Gobel.

Politisi NasDem ini mengaku telah menanamkan investasi di Gorontalo Utara senilai Rp 1,4 triliun. Berupa pembangunan pelabuhan internasional Anggrek.

Baca juga : Gelar Funwalk & Senam Jelang Milad ke-11, HNI Bertekad Jadi Kebanggaan Indonesia

Pelabuhan ini akan menjadi lokomotif pembangunan di Provinsi Gorontalo.

“Akan ada 100 ribu lapangan kerja yang tercipta dalam 30 tahun. Saya ingin, rakyat Gorontalo benar-benar bisa menikmati, baik yang terlibat secara langsung, atau tidak langsung di industri penopangnya,” tutur Gobel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.