Dark/Light Mode

Satkar Ulama: Cawapres Prabowo Paling Tepat Airlangga

Senin, 9 Oktober 2023 14:07 WIB
Ketua Umum Satuan Karya Satkar Ulama Indonesia Idris Laena. Foto: Istimewa
Ketua Umum Satuan Karya Satkar Ulama Indonesia Idris Laena. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto disarankan segera mengumumkan Calon Wakil Presiden (Cawapres). Pendamping Prabowo kudu dipilih dengan cermat.

Jangan sampai memilih sosok yang membuat partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak solid dalam mendukung pemenangan Pilpres 2024.

"Saya kira, ini harus dipertimbangkan secara serius. Cawapres, harus kuat secara dukungan partai politik pendukung dan pengusung," kata Ketua Umum Satuan Karya (Satkar) Ulama Indonesia Idris Laena di Jakarta, Senin (9/10).

Baca juga : Prabowo Sibuk Rapat, Ganjar-Anies Blusukan

Karena itulah, satu-satunya sosok yang punya dukungan kuat partai besar adalah Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. Diingatkan, keputusan resmi Partai Golkar dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Musyawarah Nasional (Munas), maupun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mengusung Airlangga sebagai Capres maupun Cawapres.

"Sehingga dikhawatirkan jika Cawapresnya bukan Pak Airlangga Hartarto, kader Beringin tidak solid seratus persen mendukung gerbong ini," ingatnya.

Airlangga, lanjut Idris, memenuhi sejumlah kriteria sebagai Cawapres potensial yang akan membantu kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024. Dalam hasil berbagai lembaga survei, sosok Airlangga dalam simulasi Cawapres bersama Prabowo, hasilnya cukup tinggi.

Baca juga : Anis Matta Ajak Para Kiai Dan Ulama Doakan Prabowo Jadi Presiden RI

"Dalam simulasi Lingkaran Survei Indonesia Denny JA misalnya, Prabowo-Airlangga cukup kompetitif dan bisa mengalahkan simulasi pasangan lain," tuturnya.

Selain hasil survei yang kompetitif, modal partai Airlangga paling besar. Partai Golkar adalah partai yang memiliki kursi terbanyak dalam koalisi. Artinya, sudah selayaknya Airlangga yang menempati posisi Cawapres.

Kemudian, tambah Idris, Partai Golkar sebagai partai besar tentu memiliki kader tradisional yang kongkret. Akar rumput Beringin akan all out jika Ketua Umumnya berlaga di Pilpres 2024.

Baca juga : Prabu Usul Sipil Berlatar Aktivis Jadi Cawapres Prabowo

"Sama seperti yang terjadi pada dua Kali pencalonan Yusuf Kalla sebagai Cawapres. Saya yakin akan suara di Pilpres akan linier dengan perolehan suara Golkar," tegas Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera I DPP Partai Golkar ini.

Berikutnya, ungkap Idris, isu dan narasi utama pada Pilpres 2024 adalah soal ekonomi. Nah, sebagai Menko Perekonomian, suka tidak suka harus diakui bahwa Airlangga berpengalaman dan terbukti sukses mengawal pertumbuhan ekonomi di Presiden Jokowi.

"Jadi yang paling pas memenuhi kebutuhan kepemimpinan Pak Prabowo, adalah Pak Airlangga Hartarto," tegas Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.