Dark/Light Mode

Menteri PDIP Tak Mungkin Mundur

Kamis, 26 Oktober 2023 08:23 WIB
Menteri-menteri dari PDIP. Dari kiri: Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Istimewa)
Menteri-menteri dari PDIP. Dari kiri: Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri diyakini akan terus mengawal dan mensukseskan pemerintahan Jokowi sampai tuntas. Karena itu, isu menteri-menteri dari PDIP akan mundur setelah Gibran Rakabuming Raka menjadi Cawapres Prabowo Subianto, hanyalah hoaks belaka.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan, tidak ada isu “bedhol desa” menteri PDIP dari kabinet. "Ah, nggak-nggak. Ana-ana wae (ada-ada saja), aeng-aeng wae, gitu lho (ada-ada saja). Nggak ada, nggak," kata Pratikno, saat berkunjung ke Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (25/10/2023).

Pratikno menegaskan, hubungan semua menteri di kabinet tetap harmonis. Mereka semua juga masih fokus bekerja. "Harmonis, kerja, fokus," ungkap Pratikno.

Jumlah menteri dan wakil menteri PDIP di kabinet Jokowi ada delapan. Mereka adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkumham Yasonna H Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo.

Baca juga : PPP Total Dukung Ganjar-Mahfud

Pernyataan Pratikno diperkuat Pramono Anung. Kata Pramono, hubungan Presiden Jokowi dengan PDIP baik-baik saja. Termasuk juga dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Hubungan baik-baik saja,” ucapnya.

Mantan Sekjen PDIP ini mencontohkan dirinya yang tetap ceria. “Saya saja cerah ceria. Pokoknya hubungannya baik-baik saja, cerah ceria, dan rumor yang beredar itu, sudah nggak benar, lah," ucapnya.

Pramono menyatakan, yang terjadi jelang Pilpres 2024 adalah ranah partai politik. Dia pun memastikan, Pemerintah fokus bekerja. "Yang jelas kita tetap kerja seperti biasa," tandasnya.

Yasonna H Laoly juga meyakini, hubungan Jokowi dengan Mega tidak berubah meski berbeda jalan di Pilpres 2024. "Baik-baik saja, nggak ada masalah ya," ucapnya.

Baca juga : Termasuk Gibran, PDIP Tugaskan Kepala Daerah Muda Menangkan Ganjar-Mahfud

Mengenai nasib Gibran di PDIP, Yasonna enggan menduga-duga. Menurutnya, penentuan nasib keanggotaan Gibran di PDIP urusan DPP. "Saya belum dapat informasi dari DPP. Ya, silakan itu kan hak dia (Gibran) untuk maju dalam kontestasi ini. Saya kira DPP akan memberikan pandangannya," tutur dia. 

Benarkah menteri-menteri PDIP tidak akan mundur dari kabinet? Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, menilai tidak ada urgensinya para menteri PDIP mundur dari kabinet.

"Mereka memiliki hak untuk berada dalam kabinet. Pemerintahan ini sebenarnya adalah pemerintahan mereka," ucap Saidiman, saat dihubungi Rakyat Merdeka, Rabu (25/10/2023).

Dia menjelaskan, PDIP merupakan pengusung utama pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Meski saat ini Jokowi dan PDIP renggang, bukan berarti menteri-menteri banteng harus keluar.

Baca juga : Menteri LHK Pastikan Tidak Ada Asap Melintas Ke Malaysia

“Sudah sepatutnya PDI Perjuangan ada di dalam pemerintahan. Pemerintahan ini dibentuk terutama oleh PDI Perjuangan," tegasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (26/10), dengan judul “Menteri PDIP Tak Mungkin Mundur”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.