Dark/Light Mode

Termasuk Gibran, PDIP Tugaskan Kepala Daerah Muda Menangkan Ganjar-Mahfud

Jumat, 20 Oktober 2023 16:58 WIB
Gibran Rakabuming Raka dan Hasto Kristiyanto, (Foto : Ist)
Gibran Rakabuming Raka dan Hasto Kristiyanto, (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah kader PDI Perjuangan untuk menyosialisasikan Ganjar-Mahfud sebagai bacapres dan bacapres Pemilu 2024.

Salah satu yang ditugaskan adalah Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Surat instruksi bernomor 5640/IN/DPP/X/23 ditanda tangani Ketua Bambang Wuryanto dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, pada Kamis (19/10/23).

"Dengan melihat begitu besarnya antusiasme masyarakat dan khususnya kalangan pemilih muda maka DPP partai memandang perlu untuk menugaskan para kepala daerah muda untuk turun dan berperan aktif membantu upaya pemenangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024," demikian surat instruksi dari PDIP yang diterima Jumat (20/10).

Nama-nama yang jelas dirinci dalam surat tersebut adalah Hanindhito Himawan (Bupati Kediri/31 tahun), Jimmy Andrea Lukita Sihombing (Bupati Dairi/31 tahun), M. Boby Afif Nasution (Wali Kota Medan/32 tahun), Moch. Nur Arifin (Bupati Trenggalek/33 tahun).

Baca juga : PPP Instruksikan Kader Bikin Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Se-Indonesia

Selain itu juga ada Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya/34 tahun), Dyah Hayuning Pratiwi (Bupati Purbalingga/36 tahun), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo/37 tahun), Eisti'anah (Bupati Demak/38 tahun).

 Fandi Akhmad Yani (Bupati Gresik/38 tahun), Fifian Adiningsih Mus (Bupati Kepulauan Sula/39 tahun), Hengky Kurniawan (Bupati Bandung Barat/40 tahun), Reza Herdavid (Bupati Bangka Selatan/40 tahun), dan Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya/46 tahun).

Kepala daerah bertindak sebagai juru  kampanye nasional sekaligus juru bicara pasangan Ganjar-Mahfud dan secara nasional beroordinasi bersama Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, serta  menyosialisasikan visi misi pasangan Ganjar-Mahfud kepada masyarakat umum

"Utamanya juga pemilih muda sebagai satu kesinambungan utuh dengan pemerintah Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, serta melakukan koordinasi dengan Tim Pemenangan Daerah masing-masing untuk membangun sinergi pemenangan."

Sebagai catatan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung PDI Perjuangan yang punya 22,26 persen kursi di DPR dan PPP yang punya 3,3 persen kursi. Total kursi dua partai tersebut adalah 25,56 persen sehingga telah melampaui syarat ambang batas pencalonan presiden 20 persen kursi DPR.

Baca juga : Usai Pendaftaran Capres-Cawapres, Relawan Gelar Istighosah Untuk Ganjar-Mahfud

Perindo meraih 2,67 persen suara pada Pemilu 2019, sedangkan Hanura dapat 1,54 persen suara.

Jika dijumlahkan dengan raihan suara PDIP dan PPP, gabungan empat partai politik itu punya 28,06 persen suara hasil Pemilu 2019. Jumlah tersebut juga telah melampaui ambang batas pencalonan presiden berdasarkan suara, yakni 25 persen suara hasil pemilu sebelumnya. 

Sebelumnya pada Kamis (19/10) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah resmi didaftarkan sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Pasangan tersebut didaftarkan gabungan empat partai politik di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. 

Ketika pendaftaran tersebut, di antaranya dihadiri pimpinan partai politik pengusung seperti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Plt. Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. 

Sementara itu, ketika di KPU usai pendaftaran, Megawati selaku pimpinan gabungan partai politik pengusung Ganjar-Mahfud menyampaikan pidato singkat. 

Baca juga : Ketua Majelis Syura PKS: Doakan AMIN Menang Dan Amanah

Diungkapkannya, telah mengunggah seluruh dokumen persyaratan pengusungan capres-cawapres ke aplikasi Silon KPU. Selain itu, dokumen fisiknya juga dibawa dalam proses pendaftaran kali ini.  

Megawati menyerahkan dokumen fisik syarat pendaftaran pasangan Ganjar-Mahfud sebagai capres-cawapres Pilpres 2024 kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Ganjar dan Mahfud lalu menyerahkan dokumen visi-misi tertulis dan barcode dokumen digitalnya kepada Hasyim.  

"Kami percayakan kepada KPU untuk melakukan verifikasi untuk seluruh dokumen-dokumen tersebut," kata Megawati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.