Dark/Light Mode

Survei ICRC, Perindo Berpeluang Duduki Kursi Parlemen

Senin, 1 Januari 2024 10:45 WIB
Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Pemilu 2024, Persaingan partai politik menuju Senayan cukup ramai. Apalagi kini mendekati masa-masa penting.

Sekalipun jumlah partai dan tingkat kampanye di media sosial cukup massif, tapi terdapat perubahan yang signifikan.

Temuan ini disampaikan dalam hasil riset “Peta Politik Akhir Tahun 2023” yang dilakukan oleh Ide Cipta Reseach and Consulting (ICRC), Minggu (31/12/2023).

Temuan penting lain dari hasil riset ini adalah peluang besar partai Perindo menduduki kursi Senayan.

Baca juga : Hari Ibu, Royal Safari Garden Berikan Edukasi Hingga Pemeriksaan Kesehatan

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli. Kata Hadi, Perindo konsisten dengan beberapa kampanyenya.

Sesuai dengan hasil survei ICRC pada November 2023 lalu, bahwa temuan data di akhir tahun Partai Perindo mengalami peningkatan keterpilihan guna masuk senayan.

“Perindo bisa jadi kuda hitam yang bisa meramaikan formasi partai parlemen di 2024,” kata Hadi, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Adapun temuan ICRC, partai yang diprediksi lolos ke senayan pada Pemilu 2024 adalah PDIP, Gerindra, Golkar, PKS, PKB, NasDem, Demokrat, PAN, Perindo, PPP.

Baca juga : Elektabilitas Tembus 50 Persen, Prabowo-Gibran Berpeluang Menang Satu Putaran

Kesepuluh partai itu mendapat survei yang angkanya memenuhi ambang batas persyaratan Parlemen alias parliamentary threshold (PT) 4 persen.

Sebagai perbandingan, survei ICRC November 2023 lalu, dua partai yakni PSI dan Perindo sempat diprediksi akan mendapatkan pundi suara yang bisa mengantarkan keduanya ke Parlemen.

Hadi menjelaskan, semua ini dipengaruhi oleh gambaran pemilih yang semakin melihat kinerja partai di lapangan.

Perindo cukup baik dengan citra publik yang stabil. Sekalipun sudah menjadi partai penyokong salah satu pasangan Capres-Cawapres 2024.

Baca juga : Elektabilitas Partai Gerindra Melejit, Tembus 19,0 Persen Berpotensi Kuasai DPR

“Kenaikan adalah hal yang wajar mengingat semua mesin partai sudah mulai bergerak.

Berdasarkan pertanyaan terbuka partai apa saja yang dipilih saat ini. Temuan ICRC sebagai berikut: PDIP (19,1 persen), Gerindra (17,4 persen), Golkar (10,2 persen), PKS (8,6 persen), PKB (8,2 persen), NasDem (7,1 persen), Demokrat (5,0 persen), PAN (4,8 persen), Perindo (4,6 persen), PPP (4,3 persen), PSI (2,5 persen), Hanura (1,0 persen), Gelora (0,4 persen), PKN (0,8 persen), PBB (0,1 persen), Buruh (0,1 persen), UMAT (0,0 persen), dan Garuda (0,0 persen).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.