Dark/Light Mode

OSO: Ganjar Pemimpin Elegan, Berdebat Pakai Hati Nurani

Selasa, 9 Januari 2024 14:33 WIB
Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta alias OSO saat Hari Natal Nasional 2023 yang digelar Partai Hanura di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Senin (8/1/2024) malam. Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta alias OSO saat Hari Natal Nasional 2023 yang digelar Partai Hanura di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Senin (8/1/2024) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta alias OSO memberikan penilaian dalam debat sesi ketiga Calon Presiden (capres) yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Menurut OSO, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampil paling elegan di antara dua kandidat lainnya yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Sebab, hanya Ganjar berdebat memakai data.

"Dalam debat itu memang harus elegan, pertanyaan dan jawaban harus sama dan Pak Ganjar konsisten dan dasarnya adalah data," kata OSO kepada wartawan usai memberikan sambutan dalam acara Hari Natal Nasional 2023 yang digelar Partai Hanura di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Senin (8/1/2024) malam.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Usung 5 Arah Kebijakan Luar Negeri

OSO menyampaikan hal tersebut menanggapi pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut data pertahanan yang disampaikan Ganjar keliru. Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) itu justru haqqul yakin data yang dipegang oleh Ganjar dalam forum debat yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri itu sudah benar.

Terutama data pertahanan yang dibawa mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode itu yang merupakan hasil analisis dengan metode ilmiah.

"Data yang dipakai Pak Ganjar kalau orang mengerti pasti menyebut Pak Ganjar cerdas, karena data ini memang benar, jadi tidak mungkin Pak Ganjar menyampaikan data yang keliru," ujarnya.

Baca juga : Menlu Retno: Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

OSO menilai Ganjar tampil dengan konsistensi antara pertanyaan dan jawaban. Terlebih lagi, capres yang diusung PDIP bersama Partai Hanura, Partai Perindo dan PPP itu berdebat mengunakan data tidak dengan sentimen. Hal tersebut menandakan Ganjar menguasai tema debat.

"Ganjar itu berdebat dengan data, bukan dengan sentimen, ilustrasi atau dengan kata, karena Pak Ganjar itu berdebat dengan hati nurani, jadi sudah pas jadi presiden" tuturnya.

Selain itu, OSO juga berpendapat Ganjar tampil paling elegan lantaran dalam forum debat itu memposisikan dirinya sebagai penengah untuk mendinginkan kedua pasangan capres antara Prabowo dan Anies yang saling serang.

Baca juga : Anzilla Natasha, Bebaskan Anak Main Di Lantai

"Menang seorang pemimpin harus bisa menjadi penengah, jadi sebanarnya di debat kemarin itu moderatornya Ganjar," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.