Dark/Light Mode

TPN Ganjar-Mahfud: Garda Samudera Strategi Baru Poros Maritim Dunia

Selasa, 9 Januari 2024 21:03 WIB
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Andi Widjajanto. Foto: Istimewa
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Andi Widjajanto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD Andi Widjajanto menjelaskan esensi Garda Samudera yang sempat disinggung Ganjar saat Debat Capres-Cawapres Ketiga, Minggu (7/1/2024) malam.

Kata Andi, Garda Samudera nantinya akan dipimpin oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai penjaga perbatasan (coast guard).

Baca juga : IPW Puji Tekad Ganjar-Mahfud Bikin Bahagia Prajurit TNI-Polri

Selama ini, kewenangan penegakan hukum di laut terluar tersebar ke banyak kementerian dan lembaga.

"Hal ini dilakukan agar pengamanan laut lebih terarah. Kami akan terus mengawal kepentingan nasional kita di laut karena kita negara maritim," kata Andi saat diskusi di Markas TPN, Menteng, Jakarta, Senin (8/1/2024).

Baca juga : Ekonom Apresiai Ganjar-Mahfud Terapkan Ekonomi Hijau Pembangunan Nasional

Sebelumnya, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mencanangkan strategi yang disebutnya Garda Samudera.

Konsep Garda Samudera ditopang oleh alutsista siap tempur untuk memposisikan Indonesia sebagai stabilisator yang mampu berperan lebih di kawasan.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Akan Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

"Kita perlukan Garda Samudera sebagai strategi baru dari poros maritim dunia. Seratus persen pesawat kita mesti siap tempur, alutsista kita mesti siap tempur, dan zero toleransi untuk kecelakaan pada alutsista kita," tegas Ganjar saat Debat Capres-Cawapres Ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.