Dark/Light Mode

Kerek Ekonomi Masyarakat

Basin Ltd Bina Bumdes Dekat WK Kepala Burung

Kamis, 28 Desember 2023 07:00 WIB
Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya PPB. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]
Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya PPB. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi menggenjot pembangunan dan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar Wilayah Kerja Kepala Burung, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Petrogas (Basin) Ltd menginisiasi pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya (PPB).

Sejak 2018, Petrogas (Basin) Ltd telah membina BUMDes Arar Berdikari melalui berbagai program pelatihan dasar, peningkatan kapasitas, hingga dukungan sertifikasi. BUMDes Arar Berdikari memulai kegiatannya dengan ruang lingkup sejumlah kegiatan, di antaranya penangkapan ikan, pengolahan rumput laut, dan pembuatan bakso.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Kuat, Regulasi Harus Berkelanjutan

Menurut General Manager Petrogas (Basin) Ltd, Alfian Telaumbanua, kini, BUMDes Arar Berdikari mampu menyuplai ikan laut segar dari nelayan Kampung Arar. “Hingga 2 ton per bulan kepada Petrogas (Basin) Ltd,” ujarnya, pada Kamis (21/12/2023) di Arar Gas Plant, Kabupaten Sorong.

Selain menjual ikan dari nelayan, melalui BUMDes Arar Berdikari, juga mampu memberdayakan kaum ibu-ibu, yang sebelumnya hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Namun akhirnya menjadi produktif dan mampu menyokong ekonomi keluarga.

GM Petrogas (Basin) Ltd Alfian Telaumbanua (kanan) dan Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro. [Foto: Dok SKK Migas & PEP Papua]

Baca juga : MCMI: Masyarakat Masjid Harus Ciptakan Pemilu Damai Demi Keutuhan Bangsa

Sejak 2019, BUMDes Arar Berdikari telah memasok lebih dari 96 ton ikan, bakso ikan dan kerupuk rumput laut, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi harian pekerja Petrogas (Basin) Ltd.

Tak hanya itu, Petrogas (Basin) Ltd juga berhasil mendorong BUMDes Arar Berdikari mendapatkan sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk produk-produknya.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN

Saat ini, Petrogas (Basin) Ltd. bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sorong untuk mendorong produk-produk tersebut agar dapat dipasarkan di supermarket atau mini market di wilayah Kabupaten Sorong.

“Petrogas (Basin) Ltd senantiasa mendorong serta mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah -red) binaan, untuk dapat terus mengembangkan kompetensi mereka, agar tercapai peningkatan dan kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi,” terang Alfian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.