Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PSI: Kabinet Baru, Harapan Maju

Rabu, 23 Oktober 2019 11:53 WIB
Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka bersama Preside Jokowi saat musim kampanye April 2019. (Foto: IG @isyanabagoesoka)
Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka bersama Preside Jokowi saat musim kampanye April 2019. (Foto: IG @isyanabagoesoka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi pilihan Presiden Jokowi dalam mengisi Kabinet Indonesia Maju di masa pemerintahan yang kedua. 

“Ada cukup banyak tokoh dari kalangan profesional yang masuk kabinet Pak Jokowi. Ini menjanjikan,” kata Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10). 

Misalnya, Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Tohir, dan Mahfud MD.  “Pilihan untuk Nadiem untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengejutkan, tapi juga menggembirakan. Kita bisa berharap inovasi dalam bidang pendidikan akan tergelar lebih cepat,”  lanjut Isyana. 

Baca juga : Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju

Begitu juga Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif juga memberi harapan baru. Salah seorang pendiri NET. TV ini sudah terkenal dengan sejumlah tindak kreatif dan tangan dinginnya di industri pertelevisian. 

Isyana menyatakan, mudah-mudahan kehadirannya bisa membawa sektor pariwisata lebih berkilau.

Penunjukan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam juga menggembirakan. Sosok dengan bekal keilmuan, integritas, dan pengalaman praktis yang panjang ini akan sangat membantu Jokowi dalam bidang politik dan keamanan.

Baca juga : Nama Besar, Harapan Besar

Lalu, sosok Erick Thohir sebagai Menteri BUMN juga diyakini membawa kebaruan. 
“Pengalaman dia di sektor swasta semoga bisa membawa perubahan positif di lingkungan BUMN,” kata Isyana.

Di sisi lain, kabinet ini juga mencerminkan pembaruan dan kontinuitas. Beberapa aspek yang perlu dipercepat diisi dengan sosok-sosok segar.

“Namun, untuk yang sudah berhasil, Pak Jokowi dengan pas mempertahankan nama-nama lama. Misalnya, Ibu Sri Mulyani, Pak Basuki Hadimuljono, Ibu Retno Marsudi, dan Pak Luhut Panjaitan,” kata Isyana.

Baca juga : Pelantikan Kabinet, Kenapa Harus Rabu?

PSI juga menyoroti makna penting lima pesan Presiden untuk para menteri. Pertama, para menteri jangan korupsi. Kedua, tidak ada visi menteri, yang ada visi presiden dan wapres.

Ketiga, Jokowi meminta para menteri bekerja dengan cepat. Keempat, selalu mengecek masalah di lapangan dan temukan solusi. Terakhir, semua harus serius dalam bekerja. 

“Jika lima pesan Presiden itu bisa dikerjakan, Indonesia yang maju semoga akan bisa kita peroleh. PSI siap mendukung sepenuhnya kabinet baru ini,”pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.