Dark/Light Mode

Barcelona Vs Napoli, Kemenangan Jadi Kunci

Selasa, 12 Maret 2024 06:40 WIB
Barcelona dan Napoli kembali berduel pada laga kedua babak 16 besar di Estadi Olímpic Lluís Companys, Barcelona. (Foto: Mateo Villalba/GettyImages)
Barcelona dan Napoli kembali berduel pada laga kedua babak 16 besar di Estadi Olímpic Lluís Companys, Barcelona. (Foto: Mateo Villalba/GettyImages)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan menjadi misi wajib bagi Barcelona dan Napoli, guna memastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Kini, keduanya kembali berduel pada laga kedua babak 16 besar di Estadi Olímpic Lluís Companys, Barcelona, dini hari nanti.

Dilaga sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 di Naples, markas Napoli dua pekan lalu. Barca unggul lebih dulu melalui gol Robert Lewandowski di menit 60. Tapi berselang 15 menit ke­mudian, Victor Osimhen mampu menyamakan kedudukan.

Hasil imbang itu membuat segalanya masih terbuka di laga kedua nanti. Tidak adanya aturan gol tandang membuat laga leg pertama tidak berarti. Kemenangan kini menjadi misi wajib bagi kedua tim demi tiket ke perempat final Liga Champions.

Jelang laga tersebut, tuan rumah Barcelona dalam kon­disi on fire. Sejak kalah 3-5 dari Villarreal di ajang La Liga pada 28 Januari lalu, tim asuhan Xavi Hernandez itu tidak terkalahkan di delapan laga berikutnya di semua kompetisi. Hasil lima kemenangan dan tiga imbang diraih Barca.

Baca juga : MotoGP Qatar 2024, Pecco Asapi Martinator

Satu catatan menarik adalah membaiknya performa pertah­anan Barca. Faktanya, gawang Barca yang dikawal Marc-André ter Stegen tidak pernah ke­bobolan di tiga laga terkini. Gol terakhir yang bersarang di gawang Barca adalah karena aksi Osimhen di Naples lalu.

Catatan manis itu tentu san­gat membahagiakan bagi Xavi. Pasalnya, di empat laga sebel­umnya saja gawang Barca ke­bobolan enam gol termasuk saat bermain imbang 3-3 melawan Granada. Artinya, ada perbaikan signifikan dari lini pertahanan Barca.

“Kami sangat bagus di sek­tor pertahanan dan di tiga laga terakhir lawan tidak bisa mem­berikan banyak ancaman. Tapi melawan Napoli jelas berbeda karena mereka tidak memaink­an lima bek seperti Mallorca. Kita tidak bisa membandingkan Mallorca dengan Napoli,” kata Xavi di laman resmi klub.

Sementara, Napoli yang ber­status juara Serie-A musim lalu ini datang ke laga ini dengan modal imbang 1-1 melawan Torino di Serie-A. Hasil yang mengecewakan karena laga di­mainkan di kandang Napoli. Tapi tim asuhan Francesco Calzona tentu tidak bisa meratapi hasil itu lebih lama.

Baca juga : Inggris Lindungi Warga Muslim

Evaluasi tentu harus dilaku­kan Calzona. Sejak memimpin tim pertama kalinya melawan Barcelona di leg pertama, Napoli memang belum pernah kalah. Tapi hasil imbang lebih dominan den­gan jumlah tiga laga atau hanya dua kemenangan yang diraih.

“Kami adalah Napoli dan harus tahu kualitas. Kami akan pergi ke Barcelona dan me­mainkan gaya permainan kami sendiri. Lihat saja bagaimana di lapangan,” kata Calzona, me­nyerukan ambisi kemenangan yang diusung tim berjuluk Il Partenopei itu.

Barcelona dikabarkan masih kehilangan banyak pemain ter­baiknya. Alejandro Balde, Gavi, Pedri, Ferran Torres, Marcos Alonso, dan Frenkie de Jong tidak bermain akhir pekan lalu karena cedera. Ronald Araújo kemungkinan akan kembali ke starting XI setelah absen mela­wan Mallorca karena akumulasi kartu kuning.

Sedangkan, Napoli dikabar­kan bisa memainkan skuad terbaiknya. Hanya Jens Cajuste dan Cyril Ngonge yang dilapor­kan cedera. Pemain andalan seperti Khvicha Kvaratskhelia dan Osimhen akan diandalkan Calzona di laga ini.

Baca juga : KPK Telusuri Pembelian Rumah Eks Stafsus SBY

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 12 Maret 2024 dengan judul Barcelona Vs Napoli, Kemenangan Jadi Kunci

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.