Dark/Light Mode

MotoGP Qatar 2024, Pecco Asapi Martinator

Selasa, 12 Maret 2024 06:30 WIB
Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. (Foto: Ducati)
Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. (Foto: Ducati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia tampil sebagai juara pada balap MotoGP Qatar 2024. Pebalap yang akrab disapa Pecco ini sukses mengasapi Martinator, julukan pebalap Jorge Martin.

Balapan Utama MotoGP Qatar berlangsung seru. Francesco Bagnaia yang memulai balapan dari posisi lima melakukan perubahan strategi.

Begitu lampu hijau di Sirkuit Internasional Lusail menyala, Pecco langsung memacu kendaraannya untuk merebut posisi terdepan dari Jorge Martin. Dia berhasil mengasapi Martin, Aleix Espargaro, Brad Binder, dan rekan satu timnya, Enea Bastianini.

Pecco mempertahankan posisi terdepan sejak lap pertama. Dia bisa bertahan dari serangan pe­saingnya dan berhasil finish di posisi terdepan.

Baca juga : Inggris Lindungi Warga Muslim

Bagnaia unggul 1,329 detik dari Brad Binder yang membela Red Bull KTM dan 1,933 detik dari Jorge Martin yang membela Prima Pramac.

Usai balapan, Pecco men­gatakan, berkaca pada hasil yang didapat saat latihan dan Sprint Race, timnya melaku­kan perbaikan. “Ini adalah hari yang berbeda dengan kemarin. Kami mampu mengontrol mo­tor lebih baik,” kata Bagnaia, dalam wawancara singkat usai balapan.

Pemillik dua gelar juara dunia MotoGP ini mengatakan, meru­pakan hal yang penting bagi tim­nya untuk mengubah strategi di hari balapan utama. Hal itu, sam­bungnya, membantu dia menjadi lebih agresif sejak awal.

“Karena dari atas saya harus punya potensi untuk menjaga ke­cepatan setinggi itu. Itulah yang telah dikonfirmasi,” terangnya.

Baca juga : KPK Telusuri Pembelian Rumah Eks Stafsus SBY

Sementara, Jorge Martin men­gaku senang bisa mengamankan podium di Lusail. Namun, dia merasa bisa lebih menantang Pecco seandainya motornya bisa lebih cepat. Dia menilai, memi­liki potensi untuk menang.

“Saya tidak 100 persen senang. Segalanya banyak berubah kar­ena tekanan depan saya menjadi agak tinggi,” ujar Martin.

Rider berjuluk Martinator itu menambahkan, Pecco sangat cepat. Dia juga beruntung mo­tornya bisa lolos dari kejaran Marc Marquez dan hampir menyaingi Binder. “Kami akan mengambil hal positif untuk Portimao. Jika bisa berkembang, saya rasa kami bisa lebih kom­petitif,” ucapnya.

Rider Gresini Marc Marquez, yang finish ke-4 akan berupaya mengejar standar Pecco. Di Lusail, pebalap berjuluk The Baby Alien itu mengaku, sempat menghemat ban agar bisa lebih cepat saat lap terakhir. Kini, Marquez beru­saha menaikkan standar agar bisa mengejar Bagnaia.

Baca juga : Kode Calon Suami

“Saya sempat ada di posisi podium, dan nyaris memangkas jarak dengan Martin. Nyaris, tapi bagus dengan begini,” kata Marquez.

Sekarang, kata dia, timnya sedang menganalisa data. Karena faktanya, Pecco yang berstatus sebagai juara bertahan, finish tiga detik di depannya. “Dari dialah kami harus berusaha untuk menai­kkan standar,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 12 Maret 2024 dengan judul MotoGP Qatar 2024, Pecco Asapi Martinator

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.