Dark/Light Mode

Rakernas V PDIP, Hasto: Politik Harus Belajar Dari Olahraga

Jumat, 24 Mei 2024 08:16 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berlari bersama rombongan pembawa Obor Api Perjuangan ke arena rakernas di Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024). Foto: Istimewa
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berlari bersama rombongan pembawa Obor Api Perjuangan ke arena rakernas di Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya tak mengenal kata lelah jika berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia.

Sekalipun, dianalogikannya bangsa ini tengah menghadapi kegelapan demokrasi dari sisi gelap kekuasaan.

"Kita tidak pernah mengenal kata capek selama perjuangan itu ditujukan untuk bangsa dan negara Indonesia. Dan untuk itulah PDI perjuangan melalui Rakernas ke-V ini," ujar Hasto usai berlari bersama rombongan pembawa Obor Api Perjuangan ke arena rakernas di Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Diketahui, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V PDIP digelar Jumat 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Acara ini, ditandai kehadiran rombongan pelari pembawa Obor Api Perjuangan dari Mrapen, Jawa Tengah, di arena Rakernas.

Baca juga : Hidayat Nur Wahid: Orangtua Harus Teliti Cari Calon Pengasuh

Hasto, ikut berlari sejauh 6 kilometer dengan menyambut rombongan di bilangan Kemayoran, Jakarta. Politisi asal Yogyakarta ini menuturkan, lari bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga semata, tapi dari olahraga tersebut seseorang bisa mengalahkan dirinya sendiri.

"Dengan lari kita bisa belajar, bahwa seorang harus mengalahkan dirinya sendiri mengalahkan terhadap ambisi kekuasaan, mengalahkan terhadap berbagai kegodaan gemerlapnya kekuasaan. Dan berlari ini kita berdikari karena kita tidak mungkin meminjam kaki orang lain, tetapi kita menggunakan kaki kita dengan semangat kita saudara-saudara sekalian," tutur Hasto.

Dia pun berharap, apa yang dilakukan PDIP ini bisa menggelorakan semangat sportivitas, di mana politik harus belajar dari dari olahraga.

"Politik harus belajar dari olahraga, politik sering diwarnai oleh ambisi kekuasaan, politik sering diwarnai oleh jalan pintas. Olahraga tidak mengenal jalan pintas tidak mengenal politik karbitan saudara-saudara sekalian," ungkap Hasto.

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar, Ini Alasannya

Analoginya, di dalam olahraga semua taat pada aturan main, wasit pun netral. Di dalam olahraga sportivitas dikedepankan, tidak ada yang curang tanpa diketahui oleh wasit.

"Mari di tengah-tengah sisi-sisi gelap demokrasi ini kita belajar dari olahraga," sambungnya.

Pihaknya pun percaya anak-anak muda Indonesia mampu membangun jiwa sportivitas seperti olahraga.

"Itulah PDI Perjuangan belajar dari setiap peristiwa politik dan kali ini kita belajar dari dunia olahraga," katanya.

Baca juga : Urus Banjir Masih Memble

Hasto berharap dan mengingatkan agar anak muda Indonesia sehat dengan olahraga dan makanan yang bergizi sebagaimana pernah digelorakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Melalui program kecukupan gizi yang terus digelorakan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri maka kita akan dapat menjadi bangsa yang hebat, anak-anak yang sehat, anak-anak yang punya semangat dan sekali lagi yang menghargai sportivitas," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.