Dark/Light Mode

Rapimnas Bahas Pilkada 2024

OSO: Hanura Usung Calon Yang Mau Majukan Daerah

Sabtu, 8 Juni 2024 08:10 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) saat membuka Rapinmas II Partai Hanura di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2024) malam. Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) saat membuka Rapinmas II Partai Hanura di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2024) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tengah menjaring sejumlah calon untuk didukung dalam Pilkada 2024. Hanura siap mendukung siapapun yang berkualitas.

"Tidak hanya kader internal, tapi kami terbuka mendukung calon eksternal. Jika memang itu terbaik, kita cari yang benar-benar berkualitas," kata Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) saat membuka Rapinmas II Partai Hanura di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2024) malam.

OSO mengaku, sudah banyak tokoh yang mendaftarkan diri untuk maju Pilkada baik Gubernur, Wali Kota, maupun Bupati. Namun, kata OSO, pihaknya masih menjaring kader terbaik.

Baca juga : Jelang Pilkada Perdana, Wapres Minta Papua Selatan Tetap Sejuk Dan Damai

Hanura tidak ingin terburu-buru menetapkan pilihannya ke salah satu calon. Dia ingin menyeleksi calon yang benar-bebar memiliki visi-misi memajukan daerah.

"Sebab tagline Hanura itu memajukan daerah. Jadi siapa pun yang memiliki visi memajukan daerah, dibutuhkan oleh daerah, kami dukung," tegasnya.

Hanura, sambungnya, berkomitmen untuk berperan penting membangun seluruh daerah di Indonesia. Hanura ingin Pilkada ini jadi alat untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga : Arini Soemardi: Parpol Mau Dukung Yang Berpeluang Besar Menang

Selain membahas Pilkada, Hanura juga akan menentukan sikap, apakah berada di garis oposisi atau bergabung dalam Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hanya saja, lanjut OSO, posisi politik ke depan dia serahkan kepada mekanisme organisasi partai.

"Itu (oposisi atau koalisi) saya belum tahu. Tergantung saya punya organisasi partai, bagaimana keinginan mereka, mereka lah yang menentukan," kata dia.

Baca juga : PKB Resmi Rekomendasikan 35 Bakal Calon Kepala Daerah

Untuk diketahui, pada Pilpres lalu, Hanura satu kubu dengan PDI Perjuangan, PPP, dan Partai Perindo mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Di kesempatan yang sama, Plh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI, Togap Simangunsong menegaskan, Hanura bisa menjadi pilar demokrasi di Indonesia dalam Pilkada 2024.

"Harapan kita ke depan, Partai Hanura sebagai salah satu pilar demokrasi, berpartisipasi aktif dan penuh dalam menyukseskan Pilkada yang akan datang ini," sebut Togap saat mengisi materi Rapimnas II Hanura.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.