Dark/Light Mode

Tingkat Kepuasan Rakyat Tinggi

Jokowi Effect Bakal Menular Ke Pilkada

Sabtu, 22 Juni 2024 07:31 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra yakin, pengaruh Presiden Jokowi di kontestasi pesta demokrasi akan menular di Pilkada 2024. Calon kandidat yang berafiliasi atau dianggap dekat dengan Jokowi, diprediksi menang

 “YA, tentu dong (berpenga­ruh), kan di masyarakat kita begitu, pemimpin yang mereka hormati tentu mereka akan dengar juga. Pasukan mereka, sikap politik, gesture, tentu menurut saya (Jokowi) masih sangat berpengaruh,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, di Jakarta, kemarin.

Buktinya, survei membuktikan tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi masih sangat tinggi, di angka 75,6 persen. Wakil Ketua Komisi III DPR ini mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi yang sangat baik.

Baca juga : Pemda Jabar Luaskan Area Pembersihan Sungai Citarum

“Ya bagus, memang kita lihat Pak Jokowi maksimal melaksanakan tugas pokok danfungsinya selaku Presiden. Ya,terlepas di jajarannya tentubanyakjuga masukan dan kritikan dari masyarakat," ucapnya.

Menurut Habiburokhman, kepercayaan Jokowi yang tinggi menjadi hal yang positif dalam proses transisi Pemerintahan dari Jokowi ke pemerintahan Prabowo-Gibran. Pencapaian Jokowi, tentu akan dilanjutkanPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ini hal yang bagus dalam konteks transisi ini lah, berarti kan akan lebih banyak hal-hal yang sifatnya legacy, sifatnya pencapaian-pencapaianyang akan dimaksimalkan di pemerintahan berikutnya," pungkasnya.

Baca juga : NasDem Usung Ponakan Paloh

Diketahui, hasil survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan approval rating Pemerintahan Jokowi masih sangat tinggi, di angka 75,6 persen. Survei ini dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilihsecara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen. Survei mem­buktikan, sebanyak 75,6 persen responden puas terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dan 24,4 persen responden tidak puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf ini naik dari hasil survei Desember 2023, yakni 73,5 persen. Sementara itu, tingkat ketidakpuasan terha­dap kinerja Jokowi-Ma'ruf pada Desember 2023 turun dari 26,5 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.