Dark/Light Mode

Pilwalkot Medan

NasDem Usung Ponakan Paloh

Sabtu, 22 Juni 2024 07:30 WIB
Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar
Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai NasDem resmi menunjuk Rico Waas sebagai bakal calon (bacalon) Wali Kota Medan. Rico Waas merupakan keponakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

KETUA DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar mengatakan, penugasan Rico Waas sudah ditetapkan oleh DPP.

“Kami telah menyiapkan dan menugaskan kepada saudara Rico Waas untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan periode 2024-2029,” ujarnya, Jumat (21/6/2024).

Iskandar membeberkan, NasDem memiliki lima kursi di DPRD Medan. Sehingga, kata dia, membutuhkan lima kursi lagi untuk memenuhi syarat mengusung pasangan calon.

“Kami akan melakukan komu­nikasi politik untuk semua partai politik dalam rangka mencukupi syarat pendaftaran pencalonan,” ujarnya.

Baca juga : Pemda Jabar Luaskan Area Pembersihan Sungai Citarum

Dia membeberkan, sejauh ini NasDem sudah melakukan komunikasi intens dengan Partai Gerindra. Kata dia, jika NasDem dan Gerindra bersepakat koalisi, maka jumlah kursi Gerindra dan NasDem mencukupi untuk mengusung pasangan calon di Pilwalkot Medan.

“Kami menunggu bagaimana kelanjutannya. Tentu saja kami akan melakukan pertemuan jika sudah ada calon wakil beliau (Gerindra). Kami terbuka ke­pada semua partai,” katanya.

Selain di Pilwakot Medan, NasDem juga sudah menyerahkan surat rekomendasi kepada kadernya untuk bertarung di Pilkada Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Sibolga. Di Sibolga, NasDem mengusung Ahmad Syukri dan Khairul Kayedi un­tuk di Tapteng.

“Diberikan juga surat tugas untuk Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga yaitu kepada masing -masing Khairul Kayedi dan Ahmad Syukri,” ujar Iskandar.

Rico Waas mengaku siap melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya untuk maju di Pilwalkot Medan. “Dengan bismillah saya siap un­tuk mengemban amanah ini,” kata Wakil Ketua DPW NasDem Sumut ini.

Baca juga : Anggaran Kementan Kenapa Terjun Bebas

Sementara kader NasDem, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang sebelumnya disebut akan maju di Pilwalkot Medan mengaku akan mengikuti perintah partai. Dia meyakini pilihan partai merupakan yang terbaik.

“Sejak awal saya sampai­kan, saya mengikuti perintah partai,” kata Bakhtiar, Jumat (21/6/2024).

Bakhtiar mengaku mendapatkan tugas lain dari partai. Dia berjanji akan menjalankan se­baik-baiknya, dalam kapasitas­nya sebagai koordinator teritori Sumut-Aceh.

Mantan Bupati Tapteng ini mengaku, sejak awal tidak berkeinginan untuk maju lagi men­jadi calon kepala daerah. Dia mengaku ingin fokus mengurus keluarga dan bisnisnya.

“Untuk pilkada setelah ini juga saya belum putuskan akan ikut lagi atau tidak,” tutur Ketua DPP NasDem Teritori 1 Sumut-Aceh ini.

Baca juga : Luhut: Anggaran Tak Masalah

Bakhtiar menyebut, jika dia juga akan fokus untuk mem­bantu calon kepala daerah yang diusung NasDem di Tapteng dan Sibolga. Hal ini dia lakukan sebagai tanggung jawab sebagai senior kepada juniornya.

“Saya juga akan membantu memenangkan adik-adik calon Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga. Adik-adik saya yang ikut kompetisi, makanya saya wajib membantunya,” tegasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.