Dark/Light Mode

Jelang Debat, Jokowi-Maruf Mantul

Kamis, 17 Januari 2019 12:10 WIB
Jokowi-KH Maruf Amin, saat pengambilan nomor urut pencalonan Presiden-Wakil Presiden di Kantor KPU Jakarta, 21 September 2018. (Foto: IG Jokowi-Maruf Amin Official)
Jokowi-KH Maruf Amin, saat pengambilan nomor urut pencalonan Presiden-Wakil Presiden di Kantor KPU Jakarta, 21 September 2018. (Foto: IG Jokowi-Maruf Amin Official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang debat malam ini, Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sudah mempersiapkan diri dengan mantap. Bahasa gaulnya, Jokowi-Ma'ruf sudah mantul, alias mantap betul.

Keduanya diyakini berdebat tanpa beban. Karena memiliki rekam jejak yang baik, tidak dibebani kasus-kasus pelanggaran HAM berat, berintegritas tanpa terlibat kasus-kasus korupsi, dan juga punya pengalaman dalam aspek-aspek teknis hukum dan pemerintahan.

"Ibarat lomba lari cepat, pasangan kami tidak harus memikul ransel dengan beban yg berat. Kakinya juga bergerak lincah, tanpa tertahan kasus-kasus. Inilah yg membuat pasangan Jokowi-Ma'ruf mantul," tutur Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/1).

Baca juga : Jokowi Anteng, BUMN Melawan

Dijelaskan, Jokowi semakin mantul karena dalam 4 tahun ini sudah meletakkan pondasi reformasi di bidang hukum, penegakan HAM, dan pemberantasan korupsi. Di bidang hukum, reformasi proses dan produk regulasi terus dilakukan dengan memangkas aturan yg berbelit-belit, yang menghambat kemudahan berusaha, dan juga mempertegas aturan yang melindungi rakyat.

Di bidang penegakan HAM, Jokowi menekankan hak-hak Economic and Social Council (ECOSOC), selain melindungi hak-hak sipil dan politik. "Rakyat mendapat akses pelayanan kesehatan, pendidikan, dan juga lapangan pekerjaan. Perhatian yang besar juga diberikan kepada perempuan, anak-anak dan penyandang disabilitas," papar Ace.

Ia menambahkan, dalam pemberantasan korupsi, Presiden Jokowi melakukan penguatan aspek pencegahan dengan strategi nasional anti korupsi. Terutama di sektor perizinan, tata niaga, keuangan negara, dan reformasi birokrasi.

Baca juga : Relawan Targetkan Jokowi-Maruf Menang 100% Di Taiwan

"Dalam aspek penindakan, Pak Jokowi bertindak konkret mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan juga mengencarkan Sapu Bersih Pungutan Liar alias Saber Pungli," ujar Ace.

Dalam pemberantasan terorisme, Jokowi telah terbukti diakui dunia karena menekankan soft power melalui instrumen pendidikan, kesejahteraan, dan kebudayaan.

"Dengan bekal cukup banyak capaian dalam 4 tahun terakhir, maka Pak Jokowi dan Pak Kyai Ma’ruf akan meneruskan pondasi itu untuk melangkah maju. Sehingga tidak mundur lagi," tegas Ace. [HES]

Baca juga : Bukan Debat, Hanya Klarifikasi

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.