Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ketua Umum Hanura Lagi

Didukung 34 DPD Dan DPC, OSO Bisa Terpilih Aklamasi

Sabtu, 14 Desember 2019 10:00 WIB
Jadi Ketua Umum Hanura Lagi Didukung 34 DPD Dan DPC, OSO Bisa Terpilih Aklamasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Oesman Sapta Odang (OSO) memimpin kembali Partai Hanura semakin kuat. 34 DPD dan DPC bulat mendukung OSO. Bahkan, OSO bisa terpilih secara aklamasi di Munas.

Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir mengatakan, hampir mayoritas kader di daerah menginginkan OSO kembali menjadi ketua umum.

“34 DPD beserta DPC meminta kembali OSO memimpin partai Hanura kembali. Munas akan diselenggarakan 17- 19 Desember 2019 Hotel Sultan Jakarta,” ungkap Inas.

Dengan peta politik demikian, kata Inas, Munas Hanura diprediksi akan berlangsung soft. “Pemilihan ketum kemungkinan besar akan aklamasi. “Insya Allah,” ujar Inas.

Baca juga : Sugiman Layanto Terpilih Aklamasi Jadi Ketua INSA

Untuk diketahui, OSO diminta Presiden Jokowi menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Namun, OSO lebih memilih tetap menjadi nakhoda untuk Hanura. Jabatan Wantimpres pun ditolaknya.

“Pak OSO memang diminta oleh Presiden untuk bergabung di Wantimpres, tapi Pak OSO dengan hormat menolak pernintaan tersebut, karena akan tetap fokus memimpin Hanura untuk menata partai agar dapat meraih kemenangan di 2024,” ungkapnya.

OSO mengaku tidak mengambil jabatan Anggota Dewan Per timbangan Presiden (Wantimpres), karena ingin membangun partainya kembali dari bawah.

Dorongan agar OSO kembali memimpin Hanura juga sudah santer saat Partai Hanura menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) bulan lalu. Rapimnas untuk membahas percepatan Munas.

Baca juga : OSO Tidak Apa-apa

Ketum Hanura saat ini OSO diminta mayoritas peserta Rapimnas memimpin kembali Hanura. Dari hasil Rapimnas tersebut menghasilkan tiga keputusan. Pertama, 34 DPD meminta agar Munas dipercepat. Seharusnya, Munas Hanura diselenggarakan Februari 2020.

“Munas Partai Hanura itu harusnya dilaksanakan secara periodisasi 5 tahunan, tepat di Februari 2020, tapi minta dipercepat,” kata Ketua DPP Partai Hanura Benny Ramdhani.

Menurut Benny, aspirasi DPD terkait musyawarah nasional minta dipercepat itu disetujui peserta Rapimnas. “Maka Rapimnas hari inilah, DPP partai menggunakan forumnya dalam mengambil keputusan tersebut,” katanya.

Selain itu, para pengurus DPD meminta agar OSO dicalonkan lagi sebagai Ketum. Belum ada calon lain penantang OSO.

Baca juga : Kepala BIN: Abu Rara Jaringan JAD Bekasi

“Ada permintaan dari 34 DPD untuk meminta ketua umum, Bapak Oesman Sapta (OSO), mencalonkan kembali dan mereka ingin memberikan dukungan untuk kepemimpinan selama periode 5 tahun ke depan untuk Pak OSO,” kata Benny. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.