Dark/Light Mode

Brando, Kiki dan Rudi Jadi Sosok di Balik Kesuksesan Natal TMP

Minggu, 19 Januari 2020 16:14 WIB
Brando, Kiki dan Rudi (Foto: Istimewa)
Brando, Kiki dan Rudi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Natal Taruna Merah Putih (TMP), organisasi sayap kepemudaan PDI Perjuangan, yang dilaksanakan di Teluk Gong, Jakarta Utara, Sabtu malam (18/1) berjalan sukses. 

Ada sejumlah indikator mengapa disebut sukses. Pertama, Natal ini dihadiri ribuan orang warga. Mereka bukan semata berasal dari yang bergama Kristen dan Katolik, namun juga dari warga yang beragama Islam. Natal ini mencerminkan toleransi dan pluralisme.

Kedua, karena Natal ini dilakukan di tengah warga yang kebanjiran. Rasa solidaritas pun benar-benar terasa. Bahkan, hasil kolekte sebesar Rp 31.049.000 bukan semata diserahkan ke dua gereja, melainkan juga ke pesantren dan masjid.

Baca juga : Ini Tiga Sosok di Balik Kesuksesan Natal Batak Bersatu

Ketiga, Natal ini melibatan pelaku UMKM. Warga sekitar yang biasa berjualan, dilibatkan dalam Natal ini untuk menyediakan konsumsi. Di antara pedagang itu adalah pedagang nasi goreng, nasi uduk, ketoprak sayur, kwiatau, bubur, siomay, bakso, nasi goreng, soto betawi dan sate.

Keempat, adalah juga para undangan yang datang. Acara ini dihadiri langsung Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristyanto, Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Utut Adianto dan Sada Restu, juga rohaniawan Katolik Romo Benny Susetyo dan pendeta Abed Sirait.

Kelima, perayaan Natal ini juga menampilkan ekspresi kebudayaan. Selain ada lagu-lagu rohani, juga saat perayaannya ditampilkan tari-tarian Minahasa dan Dayak, serta berbagai nyanyian dari berbagai daerah. 

Baca juga : Albertina Ho, Artidjo, dan Ruki Masuk Kandidat Dewas KPK

Di balik kesuksesan ini, kata Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait, ada tiga tangan dingin di belakangnya. Mereka adalah Ketua Panitia Brando Susanto, Sekretarias Panitia Kiki Sidabutar, dan Bendahara Panitia, Rudi Halim.

"Ini juga berkat gotong royong semuanya. Saya ucapkan terima kasih pada panitia yang terlibat," ungkap Maruarar, Minggu (19/1).

Brando mengatakan, kepanitian ini pun sangat beragam. Mereka berasal dari berbagai agama dan suku. Selain Kristen dan Katolik, ada juga yang Budha dan banyak yang Muslim. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.