Dark/Light Mode

Persaingan Parpol Di Jawa Timur

Partai Cak Imin Bisa Sodok Banteng

Minggu, 27 Januari 2019 09:02 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (kedua dari kanan) saat bersalaman dengan Presiden Jokowi (kedua dari kiri). (Foto: Twitter @Kantor Staf Presiden)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (kedua dari kanan) saat bersalaman dengan Presiden Jokowi (kedua dari kiri). (Foto: Twitter @Kantor Staf Presiden)

 Sebelumnya 
“Partai-partai lainnya tingkat keterpilihan di bawah 1 persen, seperti PSI, Partai Garuda, Partai Berkarya, PBB, dan PKPI,” papar Direktur PUSAD Satria Unggul, kemarin. Pada survei itu, kata dia, sebanyak 14,2 persen masyarakat Jatim belum menentukan pilihan dan 4,3 persen memilih golput atau tidak menentukan hak pilihnya.

Sementara, jenis penelitian yang dilakukan adalah survei dengan sampel 1.067 responden yang tingkat toleransi 3 persen dan tingkat kesalahan 5 persen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim pada November hingga Desember 2018.

Baca juga : Kementerian Pertanian: Produksi Di Dalam Negeri Pada Awal Tahun Berlimpah

Begitu pula Survei Proximity Indonesia yang merilis hasil penelitian terkait elektabilitas partai di Kota Surabaya. Survei ini untuk kursi DPR. Berdasarkan survei, PDIP masih tetap di posisi pertama dengan perolehan 45,9 persen, disusul PKB dengan raihan 17,1 persen.

Partai Golkar menduduki posisi 3 besar dan dibayang-bayangi Gerindra urutan ke 4. “Golkar dengan 8.5 persen. Sedangkan Gerindra 7.5 persen,” papar Direktur Proximity Indonesia Whima Edy Nugroho.

Baca juga : Tidak Ada Spanduk Capres Di Kantor Partai Bulan Bintang

Beberapa partai lain, jelas Whima, mendapatkan perolehan kurang begitu bagus. Bahkan, beberapa partai yang saat ini duduk di Senayan diprediksikan mengalami kemerosotan.

“Demokrat misalnya, hanya mendapatkan 3 persen saja, PPP 1,2 persen, Perindo 1,1 persen, PKS serta Nasdem berimbang di 1 persen, PAN 0,7 persen, PSI 0,3 persen, Hanura 0,2 persen. Undecided voters yang ada 12,5 persen” jelasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.