Dark/Light Mode

Curhat Di Hadapan Relawan

Jokowi : Masa’ Nggak Boleh Bawa Cucu Main Bombom Car

Minggu, 3 Februari 2019 07:51 WIB
Presiden Jokowi (kiri) saat mengajak cucunya, Jan Ethes (kanan) main bola di akhir pekan. (Foto: IG @jokowi)
Presiden Jokowi (kiri) saat mengajak cucunya, Jan Ethes (kanan) main bola di akhir pekan. (Foto: IG @jokowi)

 Sebelumnya 
“Kampanye mana? Enggak pernah saya ajak teriak-teriak,” kata Jokowi. Sekadar informasi, polemik ini bermula dari pernyataan Ketua Tim Cakra 19, Andi Widjajanto, yang menyebut Jan Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi di Pilpres 2019. BPN Prabowo-Sandiaga kemudian mempersoalkan omongan Andi tersebut.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nurwahid (HNW) yang pertama protes. “Ini Jan Ethes yang pernah sebut @ jokowi, kakeknya, sebagai “Artis” ya? Tapi bagaimana kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye? Bagaimana @Bawaslu RI masih bisa berlaku adil kah?” twitt HNW dalam akun twitternya @ hnurwahid, Jumat (25/1).

Baca juga : Jokowi: Pasang Spanduk Sudah Nggak Zaman Lagi

Setelah twittnya itu menjadi polemik, HNW kemarin meluruskannya. Wakil Ketua MPR menegaskan, dirinya tak melaporkan Jan Ethes ke Bawaslu. “Itu tidak benar, karena saya tidak pernah dalam posisi melaporkan siapapun. Jadi, judul ini saja sudah manipulatif,” katanya, di Pulau Dua Resto, Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, apa yang disampaikannya melalui twitter merupakan respons dari pernyataan Andi Widjajanto. “Saya bertanya dalam twitter saya kepada Bawaslu dan itu bukan laporan. Bagaimanakah Bawaslu apakah semacam ini dibolehkan dan justifikasi pelibatan anak dalam kampanye,” imbuhnya. Andi Widjajanto pun angkat bicara. Dia enggan menanggapi adanya pihak yang meminta Bawaslu mengusut pernyataannya soal Jan Ethes sebagai keunggulan capres petahana.

Baca juga : Jokowi: Saya Lelah Saya Bukan Robot

Andi kemudian menegaskan, Jokowi tidak pernah melibatkan cucu pertamanya itu. “Pak Jokowi tidak pernah libatkan Jan Ethes untuk kampanye,” kata Andi. Andi pun menjelaskan maksud pernyataannya soal Jan Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi dibanding sang rival.

Kedekatan Jokowi dan Jan Ethes-lah yang menjadi senjata sang petahana hingga unggul dalam pertarungan di media sosial selama ini. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan tim internalnya. Interaksi yang menarik antara kakek dan cucu itu disebut kerap mencuri perhatian warganet hingga mudah menjadi viral. [HEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.