Dark/Light Mode

Usulan Waketum Nasdem

Evaluasi Lagi Pelatihan Online Kartu Prakerja

Minggu, 3 Mei 2020 12:34 WIB
Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali. (Foto: Istimewa)
Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasdem mendukung pelaksanaan program Kartu Prakerja sebagai salah satu bentuk tanggung jawab negara. Salah satu bentuk tanggung jawabnya adalah terjaminnya hak hidup warganya di masa corona.

Namun demikian, dalam hal pelaksanaannya, DPP Partai Nasdem memandang perlunya peninjauan kembali atas pelatihan daring atau online yang melibatkan delapan penyedia layanan (provider).

Baca juga : Senayan Kaget Latihan Bikin Pempek Bayar Rp 600 Ribu

“Bersamaan dengan itu Partai Nasdem menginginkan agar program Kartu Prakerja lebih terarah dan tepat sasaran. Dalam pelaksanaannya, program Kartu Prakerja harus mempertimbangkan dasar assessment dari Kementerian Tenaga Kerja, selaku pihak yang cukup kompeten terkait data ketenagakerjaan,” ujar Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali.

Assessment tersebut penting agar akurasi sasaran dan penerima manfaat Kartu Prakerja semakin tepat. Jika kebutuhan pelatihan daring masih dipandang perlu, maka penyediaannya bisa dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga : Dukung Kartu Pra-Kerja, Nasdem Hanya Minta Pelatihan Daring Dievakuasi

Saat ini, Partai Nasdem juga berharap ada evaluasi atas pelaksanaan program Kartu Prakerja periode pertama. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh agar program ini tidak menjadi masalah di kemudian hari.

“Evaluasi ini menjadi penting agar dalam pelaksanaannya ke depan, program Kartu Prakerja semakin akuntabel, tepat sasaran, dan bisa lebih diukur keberhasilannya. Untuk itu, Nasdem meminta Fraksinya di DPR untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan program Kartu Prakerja berlangsung,” ucap Ali. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.