Dark/Light Mode

Hanafi Rais Mundur

Elite PAN Berharap Silaturahmi Tetap Baik

Sabtu, 9 Mei 2020 07:46 WIB
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. (Foto: DPP PAN)
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. (Foto: DPP PAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) bersikap legowo atas mundurnya Hanafi Rais. DPP PAN menghormati keputusan tersebut dan berharap hubungan personal antara Hanafi dan pengurus PAN tetap baik.

“Meski kita beda pandangan politik, tetapi saya berharap silaturahmi yang telah terjalin selama belasan tahun tetap baik,” ujar Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno kepada Rakyat Merdeka.

Eddy mengaku, sangat terkejut dengan keputusan putra Amien Rais ini. Namun, pada akhirnya para pengurus di DPP PAN memahami dan menghormati keputusan Hanafi.

Baca juga : Hanafi Rais Mundur, Pengamat Sebut PAN Belum Ambyar

“Toh, pengabdian di jalur politik bisa dilakukan di dalam maupun di luar struktur partai maupun parlemen. Saya percaya, sebagai tokoh muda, Hanafi masih akan tetap berkarya di dunia politik dan menorehkan prestasi yang baik di masa mendatang,” terangnya.

PAN saat ini, kata Eddy, dalam kondisi terbaik membangun kepengurusan di daerah untuk menghadapi Pilkada serentak dan Pemilu 2024. Kesuksesan Rakernas I PAN yang baru saja digelar secara online, mengindikasikan PAN saat ini solid.

“Saat ini kami berkonsentrasi untuk menuntaskan konsolidasi internal melalui pelaksanaan Muswil dan Musda se Indonesia, yang kami targetkan rampung Juli atau Agustus tahun ini. Tujuannya, agar mesin partai solid untuk menyongsong kerja-kerja politik ke depannya” ujarnya.

Baca juga : Partai Matahari Bergolak

Optimisme juga disampaikan Wasekjen PAN Irvan Herman. Baginya, PAN tetap semakin solid. “Pasca Rakernas I PAN semangat kebersamaan dan solidaritas justru semakin baik. Meski diskusi kali ini melalui media daring atau zoom, namun tidak menjadi penghalang dalam mengemukakan pendapat. Sehingga, diskusi dua arah pun terjalin,” ujar Irvan kepada Rakyat Merdeka.

Rakernas I PAN berjalan dengan baik. Sekalipun digelar secara online, tidak mengurangi rasa khidmat membangun partai. Bahkan, para kader baik pusat maupun daerah siap taat kepada kebijakan partai dan bersatu membangun partai.

Keluwesan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memimpin Rakernas juga mampu mencairkan suasana. Tak ada suasana tegang seperti di Kongres V PAN.

Baca juga : Tanggapi Hanafi Rais Mundur, Sekjen PAN: Saya Belum Terima Suratnya

“Jarak yang jauh tidak terasa karena Ketum Zulkifli Hasan menyapa semua DPW dengan sangat akrab, penuh kekeluargaan. Ketum menyapa, tidak membedakan mana yang menjadi pemilih beliau dan bukan. Ini membuat kader semakin solid dan optimis di bawah ke pemimpinan beliau,” tutup Irvan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.