Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar: Indonesia Bisa Ubah Konstelasi Politik Dunia

Senin, 29 Juni 2020 20:27 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak-anak muda Indonesia tak boleh merengek saat menghadapi persoalan. Anak-anaka muda Indonesia harus terus mengembangkan inovasi dan kreativitas. 

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam webinar yang diselenggarakan DPP Taruna Merah Putih (TMP) untuk memperingati Bulan Bung Karno dengan tema "Jas Merah; Jangan Sekali-Kali Meninggalkan Sejarah; Membuat Sejarah Positif bagi Bangsa", Minggu malam (28/6). Ganjar pun mengajak anak-anak muda untuk membangun jejaring dan terus-menerus mengembangkan ilmu pengetahuan.

Terkait dengan Bulan Juni yang merupakan Bulan Bung Karno, Ganjar mengingatkan kembali pada pesan-pesan Proklamator yang telah sering diucapkan dan dipidatokan. Termasuk pesan Bung Karno untuk jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau jas merah. "Namun ini yang penting adalah bagaimana mengimplementasikan itu. Apakah kita menuju pada titik yang dicita-citakan para pendiri bangsa, atau malah membelok-belokkan," ungkap Ganjar.

Baca juga : Kemenko Maritim dan Energi Berharap Indonesia Bisa Gali Potensi Ekonomi dari TSS

Tentu saja, sambung Ganjar, hal ini memerlukan konsistensi baik dalam hal pemikiran, pernyataan maupun tindakan. Terutama dalam konsistensi terhadap dasar falsafah berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila. Karena konsistensi dan kesetiaan pada Pancasila itu menjadi sangat penting, Ganjar bercerita bagaimana dalam acara pertemuan dengan para guru ia mengingatkan tentang bahaya infiltrasi ideologi lain. Ia pun membuat pakta integritas dengan para guru. Ganjar mengatakan, dalam mengatasi persoalan bangsa, tak boleh hanya dengan penyelesaian tunggal. Melainkan harus dilakukan secara bersama-sama dengan berbagai sudut pandang dari segala bidang.

"Kita ini bangsa besar. Penduduknya banyak. Kalau kita penuhi kebutuhan sendiri dari kekayaan alam sendiri dan dengan kekuatan sendiri, dengan anak-anak muda yang hebat, maka kita akan bisa mengubah konstelasi politik dunia," tegas Ganjar.

Selain Ganjar, hadir sebagai pembicara adalah insiator terapi plama konvalesen (TPK) di Indonesia dr. Theresia Monica, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming, pegiat media sosial Denny Siregar dan Ketua OSIS SMA Taruna Nusantara  I Kadek Suwisnawa Pridayana. 

Baca juga : Suka Tidak Suka, China Kontrol Ekonomi Dunia

Saat menyampaikan sambutan, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang begitu kaya. Dalam hal bumbu-bumbu makanan saja, Indonesia membentuk makana bercita rasa tinggi. Demikian pula kakayaan alam dan keindahan alam Indonesia yang semuanya itu memerlukan sentuhan anak-anak muda.

Hasto menegaskan bahwa PDI Perjuangan memberikan ruang yang sebesar-besarnya bagi kaum muda untuk tampil di segala bidang untuk mengelola Indonesia. Bukan semata di jajaran pemerintahan dan parlemen, melainkan juga di bidang kebudayaan, ekonomi, pertaniaan dan seluruh bidang kehidupan. "Kita punya tangung jawab sejarah membawa kemajauan Indonesia dan menatap masa depan Indonesia dengan penuh kesungguhan," tekan Hasto, yang mengatakan bahwa webinar TMP ini membawa pesan ideologis Bung Karno.

Ketua Umum TMP Maruarar Sirait mengatakan bahwa webinar ini menghadirkan para pencatat sejarah, termasuk Ganjar. Ganjar Pranowo meraih 40 penghargaan dalam satu tahun serta mendapat penghargaan provinsi terbaik dalam pengentasan kemiskinan dari Bappenas serta meraih penghargaan provinsi paling tanggap bencana dari BNPB. Ganjar juga melakukan reformasi bikrokrasi dan membuat inovasi kesehatan serta membangun desa tangguh serta Sistem Informasi Harga dan produk komoditas. Di masa pendemi, elektoral Ganjar kian naik dan semakin dipercaya publik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.