Dark/Light Mode

Tegaskan Sudah Di Luar PAN

Amien Rais Merasa Dipecat Sama Anak Buahnya Sendiri

Kamis, 23 Juli 2020 05:38 WIB
Pendiri PAN, Amien Rais
Pendiri PAN, Amien Rais

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais blakblakan. 

Mantan Ketua MPR ini mengaku, sudah tidak lagi berada di partai yang didirikannya itu. Bahkan, dia menyebut telah dikeluarkan anak buahnya.

Hal itu diungkapkan Amien dalam diskusi Bahaya Komunisme Di Dunia Islam - Prof Dr H Muhammad Amien Rais dan KH Tengku Zulkarnain yang juga ditayangkan di Channel YouTube UTZ Official. 

Amien mengaku, tidak sepaham dengan PAN yang dianggapnya saat ini bergabung dengan pemerintahan Jokowi Maruf. Indikasinya, ada sejumlah pertemuan elite PAN ke Istana Negara. 

Baca juga : Putra Amien Rais Mundur, Anak Dai Bachtiar Moncer

“Saya sudah tidak di PAN sama sekali. Saya sudah dikeluarkan oleh anak buah saya karena berbeda prinsip,” ujar Amien. 

Amien juga mengaku menjadi salah satu tokoh yang tidak pernah menginjakkan kaki di Istana Negara. 

“Karena saya tidak setuju bergabung dengan rezim yang tidak ketulungan itu, berharap logistik segala macam itu,” katanya. 

Amien menyebut telah menyampaikan pesan kepada kaderkader PAN untuk menghitung rasionalitasnya jika mendukung pemerintah saat ini.

Baca juga : Pangkalan TNI AU Maimun Saleh Gelar Panen Perdana Ketahanan Pangan

 “Berhitunglah dengan rasio, di atas itu juga berhitung dengan keimanan. Kalau Anda tetap ingin dukung rezim ini, jelas sesuatu langkah keliru bin salah. Tidak ada rasionalisasinya,” ujar Amien. 

Kritik tajam yang dikeluar Amien terhadap pemerintah saat ini bukan karena anggapan dirinya ingin anaknya menjadi menteri. 

“Jangan-jangan Amien Rais mengkritik jokowi karena anak - nya mau menjadi menteri. Naudzubillah Min Dzalik, itu adalah hoaks,” tegasnya. 

Menanggapi itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut persoalan ini sangat sensitif di PAN. Namun, dia memastikan internal partai tidak pernah memecat Amien Rais. Bahkan, dia menjamin di alam pikiran tidak ada kader yang mengamini itu. 

Baca juga : Kemenag Bolehkan Akad Nikah di Luar KUA, Maksimal Dihadiri 30 Orang

“Jangankan mengeluarkan, berpikir ke sana saja sudah tidak berani,” ujar Eddy kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Bagi Eddy, Amien Rais adalah sosok yang begitu dihormati di PAN. Bahkan, sebagai roh partai itu sendiri. 

“Pak Amien itu kan sebagai pendiri partai dan bagaimanapun juga roh partai ini ada di Pak Amien Rais,” tutupnya. 

Seperti diketahui, PAN saat ini menegaskan bukan sebagai oposisi maupun tidak menjadi koalisi pemerintah. Posisi PAN, disebut Ketum PAN Zulkifli Hasan, sebagai mitra kritis pemerintah. [BSH]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.