Dark/Light Mode

Pangkalan TNI AU Maimun Saleh Gelar Panen Perdana Ketahanan Pangan

Rabu, 1 Juli 2020 22:09 WIB
Prajurit TNI AU Lanud Maimun Saleh saat panen raya. (Foto : Istimewa)
Prajurit TNI AU Lanud Maimun Saleh saat panen raya. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikut menjaga ketahanan nasional, Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Lanud Maimun Saleh di Sabang, Aceh memanfaatkan lahan produktif yang kosong untuk menanam jagung. Hasilnya, Rabu (1/7), prajurit TNI AU panen raya untuk kali pertama.

Pemanfaatan lahan kosong yang produktif  bisa membantu masyarakat dalam hal ketahanan pangan saat kondisi pandemi covid-19. Sebab hasil panen juga bisa dimanfaatkan masyarakat.

Baca juga : DPR: Pertanian Selamat, Ketahanan Pangan Kuat

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto didampingi Ketua PIA Cabang 16/Daerah I Siti Dariyanto kepada media menyampaikan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian kota Sabang untuk meningkatkan penanaman tanaman pangan.

Harapannya dapat membantu pemerintah daerah dalam hal ketahanan pangan, khususnya jagung untuk wilayah Sabang.

Baca juga : Wamenhan Minta Ketahanan Pangan Diperkuat

"Program penanaman ketahanan pangan ini dapat membantu pada kondisi pandemi saat ini, dari itu kita juga meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan produktif yang kosong," kata Dariyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7) siang.

Lanjut dikatakan Danlanud, penebaran bibit jagung sampai panen tiba memakan waktu sekitar tiga bulan. Selain memanfaatkan lahan yang menganggur juga mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam Pandemi Covid-19.

Baca juga : Pilkada Kota Palu, Perindo Dukung Sang Petahana

"Harapan kami dengan panen perdana ini dapat merangsang semangat masyarakat Sabang untuk memanfaatkan lahan yang kosong dalam mengembangkan tanaman pangan yang bermanfaat."

Terakhir disampaikan Danlanud Sabang yang baru menjabat sekitar dua minggu ini, Lanud Sabang bersama instansi terkait selalu siap memberikan pendampingan kapanpun masyarakat Sabang membutuhkan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.