Dark/Light Mode

DPD Provinsi Yogyakarta

Lawan Eks Petinggi Parpol, Cucu Pahlawan Tidak Ciut Nyali

Sabtu, 23 Februari 2019 12:02 WIB
M. Afnan Hadikusumo (kiri) dari Pertahana, HA Hafidh Asrom (tengah) dari Pertahana dan Chang Wendryanto (kanan) dari DPD.
M. Afnan Hadikusumo (kiri) dari Pertahana, HA Hafidh Asrom (tengah) dari Pertahana dan Chang Wendryanto (kanan) dari DPD.

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) DPD Yogyakarta masih dikuasai 4 petahana. Mantan petinggi partai pun ingin merebut kursi senator. Tapi, cucu pahlawan Afnan Hadikusumo tak ciut nyalinya.

Sesuai data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah calon senator di Dapil Yogya berjumlah 11 orang. Mereka akan memperebutkan 4 kursi senator.

Baca juga : Mantan Bos MK & Eks Cawagub Hadang Laju 4 Juara Bertahan

Meski sedikit, namun hampir semuanya punya kualitas. Seluruh caleg, mulai dari darah biru hingga mantan petinggi partai, akan “perang” pengaruh.

Mewakili darah biru, ada Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Istri Sri Sultan Hamengkubuwono X yang kini berstatus petahana. Petahana lainnya Muhammad Afnan Hadikusumo.

Baca juga : Banteng Usung Harvey, Beringin Ingin Rebut Dua Kursi

Dia adalah cucu Pahlawan Perintis Kemerdekaan Nasional Indonesia, Ki Bagoes Hadikoesoemo. Afnan bukan lawan sembrangan. Kepiawaiannya berpolitik dibuktikan dengan satu kali jadi anggota DPRD DIY (2004- 2009) dan dua kali anggota DPD (2009-2014 dan 2014-2019).

Petahana lainnya adalah HA Hafidh Asrom. Dia adalah anggota MPR dari unsur DPD (periode 2004-2009, 2009- 2014 dan 2014-2019) dari Dapil Yogya. Ia juga dikenal sebagai pengusaha meubel.

Baca juga : Eks Menteri, Mantan Tim Mawar Dan Petahana Adu Kuat

Ada juga petahana Cholid Mahmud. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ini pernah menjadi anggota DPRD DIY periode 2004-2009. Perebutan kursi DPD juga diramaikan banyak mantan politikus partai. Dari PAN ada Arif Noor Hartanto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.