Dark/Light Mode

Alfito Dan Putri Ayungtias Moderator

Debat Antar Cawapres Revisi Sejumlah Aturan

Rabu, 27 Februari 2019 10:23 WIB
Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Twitter @KPU RI).
Ketua KPU, Arief Budiman. (Foto: Twitter @KPU RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Debat ketiga yang mempertemukan antar cawapres bakal banyak alami perubahan. Mulai dari pengurangan jumlah supporter hingga penghapusan pernyataan melalui film pendek. Kemarin, KPU bersama Tim Kampanye Nasional dan Badan Pemenangan Nasional menggelar rapat.

Agenda yang dibahas adalah persiapan debat ketiga, pada 17 Maret mendatang. Dalam rapat tersebut, moderator dan jumlah panelis sudah disepakati masing-masing pihak. 

Baca juga : Petinggi Vatikan Divonis Bersalah Cabuli Sejumlah Bocah

Ketua KPU, Arief Budiman menerangkan, moderator sudah disepakati oleh para peserta rapat. Yaitu Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Keduanya dianggap sudah memiliki kapasitas untuk memandu lalu lintas debat antar cawapres. 

“Moderator sudah selesai. Semuanya sepakat dan tidak ada yang keberatan,” katanya di kantor KPU, kemarin.  Soal panelis, KPU mengaku telah nama. Nantinya akan ada 7-9 panelis yang disiapkan KPU untuk membuat daftar pertanyaan debat. “Panelisnya sudah kita usulkan dan mereka oke dengan usulan KPU. Nanti kita tinggal tentukan antara 7 dan 9 panelis,” jelas Arief. 

Baca juga : Kapolda : Itu Cuma Petasan, Situasi Aman

KPU mengatakan nantinya masing-masing timses dipersilakan melihat rekam jejak panelis yang diusulkan. Menurutnya, KPU dapat mencoret panelis yang tidak memenuhi syarat. “Mereka tinggal melakukan tracking, apabila ada yang tidak memenuhi syarat, ya mohon bisa dicancel oleh KPU. Ya KPU silakan saja, ini kan forum yang terbuka dan KPU menerima masukan dari mana pun,” kata Arief. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.