Dark/Light Mode

PAN Nggak Mau Asal

Deklarasi Capres Bukan Main-main

Rabu, 26 Agustus 2020 06:29 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno (tengah). (Foto: Twitter @eddy_soeparno)
Sekjen PAN Eddy Soeparno (tengah). (Foto: Twitter @eddy_soeparno)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PAN Eddy Soeparno menegaskan, prosesi Pilpres adalah sesuatu yang serius. Bukan main-main. Tidak elok jika deklarasi capres hanya terkesan sebagai bargaining politik.

“Bagi PAN, pencapresan adalah sesuatu yang serius, bukan mainmain. Karena ini berkaitan dengan nasib 270 juta rakyat Indonesia. Deklarasi capres hanya untuk bargaining apalagi sekadar gimmick tentu tidak pas. Apalagi di saat kita semua sedang berjuang menghadapi pandemi corona ini,” ujar Eddy, di Twitter miliknya, @eddy_soeparno. 

Kritik yang disampaikan Eddy ini tidak menyebut nama. Namun, belakangan sedang geger deklarasi capres yang dilakukan Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. Berawal dari rumor dengan menampilkan baliho Giring untuk 2024, akhirnya Giring deklarasi betulan. Sebagai Capres 2024. 

Baca juga : Giring Mau Nyapres, Sekjend PAN : Nyapres Itu Hal serius, Bukan Main-main

Eddy menyebutkan, siapa pun yang hendak menjadi capres, sebaiknya mengukur diri. Pasalnya, masyarakat akan mengukur kandidat tersebut secara mendalam. Menjadi presiden untuk bangsa sebesar Indonesia, tidak bisa sekadar bermodalkan popularitas. 

“Tapi membutuhkan kemampuan memimpin dan rekam jejak yang panjang dalam mengatasi persoalan. Sekali lagi, bagi PAN pencapresan adalah sesuatu yang serius, bukan sekadar mencari perhatian publik,” tegasnya. 

PAN, katanya, percaya anak muda bukan sekadar representasi elektoral. Bagi PAN, anak muda adalah potensi yang harus dikembangkan, difasilitasi minat dan bakatnya serta dilibatkan ide serta gagasannya dalam mengambil kebijakan. “Kami percaya 60 persen pemilih muda tidak akan asal-asalan memilih capres, tapi akan sangat selektif dan tentunya memilih yang terbaik berdasarkan kriteria kepimpinan yang jelas dan teruji,” tutupnya. 

Baca juga : Pengamat: Tuntutan Deklarasi KAMI Ngawang Dan Abstrak

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha menyatakan maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Hal ini, sebagai penegasan atas baliho PSI yang sebelumnya bertebaran, bertuliskan Giring Presiden 2024. “Ya, saya memang mencalonkan diri menjadi calon presiden Republik Indonesia di 2024,” ucap Giring dalam jumpa pers virtual, Senin (24/5). 

Giring mengamini langkahnya menjadi calon presiden sangat berat. Partainya saja di Pemilu 2019 tidak lolos ambang batas parlemen alias Parliamentary Threshold (PT) sebesar empat persen. “Saya tahu bahwa pencalonan ini memang tidak gampang. Tetapi saya yakin Insya Allah dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas saya bisa melewati ini semua,” yakin Giring. 

Mantan vokalis band Nidji ini ternyata punya landasan sendiri. Yakni peta pemilih di Pemilu 2024 dengan mayoritas dari kalangan milenial. Selaras dengan keputusan internal PSI mengusung anak muda di Pilpres 2024, maka dia memberanikan diri maju sebagai calon presiden. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.