Dark/Light Mode

AD/ART Sudah Masuk Tahap Finalisasi

Ketum Partai Ummat Nunggu Deklarasi

Minggu, 4 Oktober 2020 06:32 WIB
Amien Rais. (Istimewa)
Amien Rais. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini, Partai Ummat sedang dalam proses finalisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan kepengurusan. Hal ini diungkap pendiri Partai Ummat, Putra Jaya Husin.

“Kemarin yang sudah oke dan selesai itu nama, mukadimah dan logo. Yang sedang finalisasi dan belum selesai itu soal AD/ ART dan kepengurusan,” akunya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dijelaskan Putra, di dalam AD/ART Partai Ummat, masih ada poin-poin yang perlu dibahas lebih mendalam. Sedangkan untuk susunan kepengurusan, sampai sehari sebelum deklarasi masih bisa berubah.

Berita Terkait : Salah Alamat, Jika Partai Ummat Dianggap Akan Mengancam PAN

“Intinya, soal pengurus itu dinamis lah,” ujarnya. Yang masih menjadi pertimbangan panjang juga terkait tokoh yang bakal menjadi ketua umum dan sekjen Partai Ummat.

Menurutnya, sosok ketua umum dan sekjen akan diumumkan pada saat deklarasi. Mantan Ketua DPP PAN ini menjelaskan, nama Ketua Umum Partai Ummat diumumkan pada saat deklarasi, karena saat ini memang masih dalam proses penggodokan yang sangat matang.

“Kalau diumumkan sekarang, kita tidak bisa mengubah lagi. Misalnya kita sebut si A, tetapi ternyata ada yang lebih bagus. Pokoknya sebelum deklarasi masih bisa berubah.

Berita Terkait : PAN Pede Nggak Ada Bedol Desa

Begitu sudah ketuk palu, baru kita umumkan,” jelasnya. Lebih jauh, Putra juga menegaskan, lahirnya Partai Ummat tidak ada hubungannya sama sekali dengan PAN.

Dia menyilakan masyarakat melihat, jika lahirnya Partai Ummat murni seperti lahirnya Partai Gerindra, yang tidak membawa-bawa embel-­embel Golkar.

“Nasdem juga tidak membawa-bawa Partai Golkar. Jadi, hanya politisi yang tahu, kalau Surya Paloh dan Prabowo dulunya itu petinggi Golkar,” katanya.

Berita Terkait : Amien Rais Luncurkan Partai Baru, PKS Ucapkan Selamat

Disinggung kapan dideklarasikan, Putra memastikan, deklarasi Partai Ummat dilakukan akhir tahun 2020. “Kita ingin tahun kelahirannya tahun 2020. Kan bagus tuh jika lahir 2020,” katanya.

Seperti diketahui, Prof. Amien Rais secara resmi mengumumkan partai barunya yang dinamai Partai Ummat melalui akun YouTube resminya, Kamis (1/10/2020). Amien menegaskan ingin berjuang melawan kezaliman lewat Partai Ummat.

“Pertama, melakukan al amru bil ma’ruf dan an-nahyu ‘anil munkar. Yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua, menjalankan al amru bil ‘adli dan an-nahyu ‘anidzulmi. Yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman,” kata Amien Rais. [REN]