Dark/Light Mode

Dipuji Jokowi NasDem Partai Besar Dan Disegani

Paloh Tersenyum Lebar

Kamis, 12 November 2020 06:51 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketika itu, NasDem disinyalir tengah memantau kinerja tiga kepala daerah. Yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ketiganya merupakan tokoh non-parpol. Ketiganya juga selalu masuk survei bursa capres 2024.

Bagaimana peluang ketiga kepala daerah tersebut? Paloh tak mau buru-buru berkomentar. Yang pasti, kata dia, NasDem bakal memberikan pemimpin yang terbaik untuk Indonesia. "Ini kita lihat ke depan, kan ada Sumatera, ada Kalimantan, ada Sulawesi, Jawa, Papua. Kami bakal cari yang terbaik dari yang baik," tuturnya.

Baca juga : Ke Pilkada Medan Sandi Turun Gunung

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, Paloh seperti dalang di pertunjukan wayang. Bertangan dingin. Punya segudang pengalaman. Jokowi berhasil karena dibantu sentuhannya. Paloh juga punya banyak media yang bisa mengorbitkan orang.

"Dari dulu Pak Surya itu memang sangat piawai memainkan strategi politik. Tidak mau nyapres, tapi dia yang ngatur pencapresan," terangnya. 

Baca juga : Jokowi Ingin Pendampingan Di Perhutanan Sosial Terintegrasi

Kalau hanya mengadakan konvensi capres, kata Pangi, itu hal mudah bagi Paloh. Apalagi yang dibidik kepala daerah tanpa partai. "Jokowi sudah selesai. Skenario selanjutnya, 2024. Dipersiapkanlah dari sekarang, supaya bisa atur napas," ucap analis politik UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.