Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipuji Jokowi NasDem Partai Besar Dan Disegani

Paloh Tersenyum Lebar

Kamis, 12 November 2020 06:51 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan pujian setinggi langit untuk Partai NasDem. Jokowi bilang, NasDem yang baru berumur 9 tahun, sudah menjelma menjadi partai besar dan disegani. Mendengar pujian ini, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, tersenyum lebar. 

Pujian Jokowi itu disampaikan saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Partai NasDem ke-9, kemarin. Acara ulang tahun ini digelar di Kampus Akademi Bela Negara (ABN), Pancoran, Jakarta Selatan. Paloh dan jajarannya hadir di sana. Sedangkan Jokowi hadir secara virtual. 

Lewat sebuah video berdurasi 2 menit 19 detik, Jokowi menyampaikan pidatonya. Isinya, ucapan selamat. Lalu memuji capaian NasDem selama berkiprah di kancah perpolitikan Indonesia. "Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan selamat Ulang Tahun ke-9 kepada keluarga besar NasDem, dan sekaligus selamat menjadi partai besar yang disegani," kata Jokowi. 

Baca juga : Ke Pilkada Medan Sandi Turun Gunung

Setelah itu, Jokowi menyinggung tagline restorasi milik NasDem. Menurutnya, restorasi merupakan sem   angat yang sama dengan pemerintahannya saat ini. Di eranya, semangat restorasi adalah semangat pemulihan dari masalah, dan perbaikan untuk mencapai Indonesia maju yang dicita-citakan.

"Semangat itulah yang ada dalam pemerintah saat ini. Semangat itu melandasi kerja kita selama ini. Termasuk dalam menghadapi banyak tantangan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini," ucapnya.

Mendengar pidato Jokowi ini, Paloh terlihat senang dan bangga. Senyum lebar menggembang di wajah Bos Media Group tersebut. 

Baca juga : Jokowi Ingin Pendampingan Di Perhutanan Sosial Terintegrasi

Beres Jokowi pidato, giliran Paloh yang bicara di depan kadernya. Dia bicara mengenai agenda konvensi capres yang akan dilaksanakan Partai NasDem. Waktunya, 2022. "Dalam waktu dua tahun ke depan, Partai NasDem akan menggelar konvensi Calon Presiden RI 2024," ucapnya. 

Dia bilang, NasDem merupakan partai terbuka untuk siapa pun. Yang penting, orang tersebut punya kapasitas dan kualitas untuk memimpin. "Konvensi itu menampung berbagai pemikiran dan pandangan politik yang berbeda-beda melalui mekanisme kontestasi," jelasnya.

Dia memastikan, konvensi akan berjalan transparan. Sehingga bisa berefek secara positif bagi penguatan kelembagaan NasDem. "Sebagai ruang dan basis rekrutmen kepemimpinan nasional," ungkapnya. 

Baca juga : Jokowi Apresiasi Pengabdian, Perjuangan, Dan Pengorbanan Para Dokter

Rencana NasDem membuka konvensi capres sebenarnya sudah lama didengungkan. Tepatnya, pada Kongres NasDem 2019. Penyeleksiannya dengan mekanisme pemilihan, seperti uji publik, uji intelektual, hingga uji integritas. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.