Dark/Light Mode

Soksi Wongso Soroti Kesenjangan Biaya Pendidikan Di Indonesia

Jumat, 4 Desember 2020 18:54 WIB
Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia pimpinan Ketua Umum, Ali Wongsomeluncurkan Program Beasiswa bagi 1000 Sarjana di Kampus Akademi Pariwisata Nusantara, Tangerang Selatan, Jumat (4/12).
Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia pimpinan Ketua Umum, Ali Wongsomeluncurkan Program Beasiswa bagi 1000 Sarjana di Kampus Akademi Pariwisata Nusantara, Tangerang Selatan, Jumat (4/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas Soksi) pimpinan Ketua Umum, Ali Wongso kembali meluncurkan Program Beasiswa bagi 1000 Sarjana di Kampus Akademi Pariwisata Nusantara, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (4/12). 

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya diluncurkan di Kampus Akademi Teknik Informatika Tunas Bangsa, Jakarta, pada Senin (23/11). 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Depinas Soksi, Ali Wongso mengatakan, ada dua tantangan besar dalam dunia pendidikan tinggi saat ini. 

Baca juga : Vaksin Dan 3M, Paket Lengkap Proteksi Kesehatan Masyarakat

Pertama, lanjut politisi senior Partai Golkar ini, ada gap antara pendidikan tinggi dengan lapangan kerja. 

Menurutnya, banyak sarjana produk pendidikan tinggi kita tidak siap masuk ke dunia kerja. 

Hal ini karena banyak faktor, yaitu selain lapangan kerja yang masih terbatas dengan banyaknya sarjana pencari kerja, juga adalah faktor kekurangsiapan kerja. 

Baca juga : Menag Galak Banget

Kedua, gap tingginya biaya pendidikan tinggi dengan daya beli atau kemampuan ekonomi masyarakat menengah ke bawah. 

Karena itu, Soksi memandang program beasiswa 1000 sarjana bersama 5 Perguruan Tinggi ini perlu dikembangkan bagi kalangan masyarakat yang kemampuannya terbatas dalam ekonomi,  namun berniat keras untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

“Program ini memberikan beasiswa berupa potongan biaya pendidikan sebesar 80 persen kepada kalangan pekerja/buruh/ karyawan kantor, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, anak petani, nelayan, pengemudi ojek online, pengemudi angkutan umum, anak guru atau dosen, anak jalanan/ pengamen, wartawan/awak media, anak TNI dan Polri  serta keluarga besar Soksi,” jelasnya. 

Baca juga : Gerindra Legowo, Hanura Ogah Cawe-cawe

Mantan anggota DPR ini  juga memberikan apresiasi kepada Akpar Nusantara atas alumni Akpar Nusantara yang semua siap bekerja dan tidak ada yang menganggur lebih dari sebulan setelah selesai pendidikan , dan tidak sedikit yang bekerja di luar negeri seperti di Malaysia. 

Direktur Akademi Pariwisata Nusantara, Rahmat Kurniawan, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Soksi menginisiasi kerja sama program beasiswa 1000 Sarjana ini, termasuk bagi mahasiswa Akpar Nusantara. 

“Semoga program beasiswa bersama Soksi bisa menjadikan Akpar Nusantara menjadi lebih baik lagi,” tegasnya. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.