Dark/Light Mode

Dubes Ishii Pamitan, Bagikan Kenangan Manis Tentang Indonesia

Senin, 30 November 2020 21:15 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi saat pamitan melalui akun Instagram @jpnambsindonesia, Senin (30/11). (Foto: Instagram @jpnambsindonesia)
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi saat pamitan melalui akun Instagram @jpnambsindonesia, Senin (30/11). (Foto: Instagram @jpnambsindonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi amat populer di Indonesia. Kini, setelah bertugas selama 3,5 tahun, Dubes Ishii purna tugas. Melalui laman akun @jpnambsindonesia, Senin (30/11), Dubes Ishii membagikan video pamitan berdurasi 5 menit lebih.

Dengan bahasa Indonesia berlogat Jepang, Dubes Ishii membagikan kesannya selama bertugas di Tanah Air.

"Saya Ishii Masafumi, Dubes Jepang untuk Indonesia. Saya ditugaskan sejak April 2017. Akhirnya masa tugas saya berakhir dalam waktu tiga tahun setengah," ungkap Dubes Ishii mengawali video pamitannya.

Baca juga : Menag Terbitkan Panduan Natal Di Tengah Pandemi

Dubes Ishii pun mulai membagikan pengalaman dan kesannya selama bertugas di Indonesia. Dia mengaku amat terpukau dengan keragaman adat dan budaya di Indonesia. Indonesia baginya sangat kaya. Masyarakatnya pun beragam dan amat ramah.

Kesimpulan ini itu dirasakannya saat bersentuhan dan berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Dari mulai berbuka puasa bareng di bulan Ramadan bersama sejumlah pesantren dan organisasi Islam di Indonesia, hingga berjumpa dengan banyak orang di Indonesia dalam berbagai kesempatan.

"Dari Aceh di Barat hingga Papua di Timur, saya telah menyaksikan keanekaragaman budaya dan masyarakat di Indonesia. Hal ini sekali lagi selalu membuat saya menyadari, Indonesia merupakan negara yang sangat beragam dan kaya," ungkapnya.

Baca juga : Jodoh-jodohan Bisnis, Gairahkan Industri Manufaktur Indonesia

Dia mengaku sudah banyak melakukan perjalanan ke sejumlah tempat indah di Indonesia. Perjalanan dinas keliling Indonesia itu membuat kenangannya kian banyak.

"Saya juga menjelajahi daerah lain di luar Pulau Jawa, yakni Sulawesi dan Kalimantan. Menikmati keindahan alam dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai suku. Membuat saya senang dapat belajar lebih banyak tentang keanekagaraman di Indonesia," kenangnya.

Di akhir videonya, Dubes Ishii mengaku amat gembira dan bahagia ditempatkan di Indonesia. Dubes Ishii pun berharap dirinya dapat kembali lagi ke Indonesia di masa mendatang.

Baca juga : Walkot Jakpus Minta Korban Kebakaran Petamburan Tetap Terapkan Prokes

"Saya sangat gembira dapat ditugaskan di Indonesia yang sangat saya cintai. Serta bisa bekerja dengan motto kerja bersama maju bersama. Saya akan menantikan dengan gembira saat di mana kita dapat berjumpa kembali. Terima kasih banyak, sampai jumpa lagi," ujar dia.

Dubes Ishii juga membagikan pengalamannya mersemikan sejumlah proyek bersama Presiden Jokowi. Termasuk saat mencoba Mass Rapid Transite (MRT) bareng orang nomor satu di Indonesia itu. "Izinkan saya berterimakasih sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran di pemerintah dan masyarakat Indonesia. Jepang dan Indonesia akan terus maju bersama-sama," harapnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.