Dark/Light Mode

Ingin Menangkan Pemilu 2024

PAN Rajin Rekrut Kader Milenial

Senin, 7 Desember 2020 07:25 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) PAN, Irvan Herman. (foto/ist)
Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) PAN, Irvan Herman. (foto/ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) rajin merekrut anak muda demi menyasar pemilih kalangan milenial itu yang pada Pemilu 2024. Upaya itu juga sejalan dengan kebijakan PAN.

“Alasan kami membuka ruang bukan hanya memanfaatkan mereka, tetapi untuk berkolaborasi secara serius,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) PAN, Irvan Herman kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dijelaskan, PAN membuka ruang untuk partipasi generasi muda. Bentuknya, mulai dari deklarasi Milenial PAN di sejumlah daerah, memasukkan tokoh muda seperti Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said, alias Pasha Ungu menjadi Ketua DPP PAN, hingga merekrut komedian Denny Wahyudi alias Denny Cagur.

Baca juga : Sinergi PGN Dan Kebijakan Pemerintah, Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Bahkan, Irvan yang juga masuk kategori generasi muda karena usianya baru 30-an dipercaya PAN menduduki posisi Wakil sekjen DPP PAN. Lebih lanjut, Irvan mengajak generasi muda agar tidak ragu bergabung dengan PAN, karena gagasannya pasti diakomodir sebagai pertimbangan kebijakan PAN.

Tokoh muda asal Riau ini menyebut, partainya saat ini fokus kembali kepada elemen partai yang digerakkan oleh gagasan. Gagasan segar ini bisa dicetuskan milenial bersama PAN untuk membantu kemajuan Bangsa Indonesia.

Dia mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan, pemilih berusia 17-38 tahun yang jumlahnya 55 persen pada Pemilu 2019, bakal meningkat sebanyak 6065 persen pada 2024.

Baca juga : Hasto Nyentil Siapa?

“Kita kembali ke elemen utama partai ini sebagai partai yang digerakkan oleh gagasan. Anak muda punya banyak gagasan. Kita sedang menyiapkan strategi dan pendekatan terbaik. DPP PAN terus diskusi mengenai berbagai hal dan rencana-rencana ke depan,” pungkasnya.

Sebelumnya, anggota DPR dari Fraksi PAN di Senayan, Athari Gauthi Ardi mengatakan, partainya konsisten memberikan ruang bagi generasi muda untuk tampil dan terlibat dalam proses politik di Indonesia.

Salah satunya, dengan membentuk Kaukus Milenial. “Kader milenial PAN akan mendengarkan aspirasi anakanak muda. Sekaligus memperjuangkannya dalam bentuk kebijakan yang pro anak muda,” tutur Athari.

Baca juga : Luhut Keras Tapi Romantis

Terkait hal ini, Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam mengatakan, saat ini keberadaan anak muda menjadi sorotan partai politik, termasuk PAN.

Pasalnya, jumlah pemilih generasi muda menjadi penentu pemenang di Pemilu 2024.

“Secara kuantitatif sangat besar, sehingga sangat berpengaruh. Peluang ceruk milenial menjadi bidikan parpol untuk mendapatkan dukungan pemilih milenial,” ujarnya kepada wartawan, kemarin. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.