Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jaga Lingkungan

PDIP Tebar Benih Ikan Dan Tanam Pohon Di Cikapundung

Minggu, 31 Januari 2021 18:40 WIB
PDIP Bandung menggelar kegiatan pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di Teras Cikapundung (BBWS Cikapundung-red) Kota Bandung, Minggu (31/1/2021).
PDIP Bandung menggelar kegiatan pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di Teras Cikapundung (BBWS Cikapundung-red) Kota Bandung, Minggu (31/1/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan Kota Bandung menggelar penebaran benih ikan dan penanaman pohon di Teras Cikapundung (BBWS Cikapundung-red) Kota Bandung, Minggu (31/1/2021).

Acara digelar secara serempak di wilayah Jawa Barat dalam rangka kegiatan pelestarian lingkungan dan mengisi rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugrah mengungkapkan, selain menjaga kelestarian lingkungan, acara ini juga untuk memupuk jiwa rasa tanggungjawab masyarakat dalam kebersamaan serta persatuan dan kesatuan.

“Dengan ditebarnya benih ikan, secara tidak langsung ikut menjaga kelestarian ekosistem daerah aliran sungai,” ungkapnya.

Achmad menilai, peradaban sungai adalah kehidupan manusia berbudaya yang berbasis di sekitar sungai. Salah satunya, sungai menyediakan pasokan air untuk kehidupan masyarakat sekitar, juga membuat ikan bisa berkembang biak dan lahan untuk tanaman tumbuh subur.

"Selain orang-orang dalam peradaban sungai bisa menangkap ikan, lingkungan ekosistem juga terjaga dan terpelihara," imbuhnya.

Baca juga : Sah, 45 Pengurus PPP Berikhtiar Kembalikan Kejayaan Di 2024

Achmad Nugraha yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini menjelaskan, penataan Sungai Cikapundung memiliki sejarah yang lekat dengan PDI Perjuangan.

Pasalnya, kader partai moncong putih yang pernah menjadi Wakil Walikota Bandung Periode 2008 - 2013, Ayi Vivananda, menginisiasi program Cikapundung Bersih di masa pemerintahannya.

Pihaknya juga mengingatkan, Cikapundung memiliki hubungan emosional dengan masyarakat kota Bandung. Karena kondisi Cikapundung sangat memengaruhi pola hidup masyarakat di sepanjang aliran suangan yang bermuara ke Citarum ini.

"Oleh karena itu, menjaga Cikapundung harus dari hulu ke hilir. Sungai ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, Kota Bandung,” katanya.

Achmad melihat, belakangan kondisi Cikapundung mulai kotor kembali. Untuk itu, Ia meminta Pemerintah Kota Bandung bisa kembali mengurus sungai tersebut.

“Terus menjaga kebersihan Cikapundung, memberi manfaat bagi masyarakat. Sejarah membuktikan bersihnya Cikapundung cermin kepedulian semua pihak termasuk penyelenggara pemerintahan di kota Bandung,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung ini.

Baca juga : Dubes Djauhari Oratmangun Resmikan Pabrik Tempe Dan Pojok Kopi Di Shanghai

Sementara itu, terkait penanaman pohon Achmad menjelaskan tujuan kegiatan penanaman pohon ini juga dalam mengisi rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan. Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan seluruh elemen partai.

“Bersama-sama kami menggelar aksi nyata untuk kelestarian lingkungan salah satunya adalah penanaman pohon pada hari ini. Ini program yang sangat membanggakan bagi kami untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon,” sebutnya.

Achmad  dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasinya dan mengungkapkan rasa bangganya kepada jajaran partai.

Diungkapkannya, Ini membuktikan bahwa semua elemen partai serta sayap partai peduli dengan baik terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistemnya.

“Dengan menanam pohon dan menjaga kelestarian lingkungan, nanti ada yang bisa kita wariskan kepada generasi selanjutnya,” ungkap Achmad.

Di tempat sama, Wakil Wali Kota Bandung periode 2008-2013, Ayi Vivananda mengatakan, penanaman pohon ini menjadi upaya menjaga sungai sebagai etalase kota. Selain itu kata dia, sungai merupakan wajah peradaban suatu daerah.

Baca juga : Bank DKI Salurkan Bansos Tunai Di 160 Titik Jakarta

“Jadi ini bukti komitmen kami dalam menjaga basis peradaban dan pusat kehidupan manusia. Ini juga dalam rangka mengajak dan mengadvokasi masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, penanaman pohon juga guna mencegah bencana hidrometeorologi, seperti banjir. Apalagi, kata dia, kerusakan lingkungan tak lepas dari campur tangan manusia.

“Kita harus memuliakan sungai sebagai basis pusat kehidupan manusia. Jangan lagi ada penebangan pohon, jangan lagi ada trotoar yang dicor, karena itu salah satu yang menyebabkan banjir. Mari kita mulai untuk melestarikan lingkungan dengan tidak merusak tata ruang wilayah,” tegas Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.