Dark/Light Mode

H-1 Angkutan Nataru, Pelindo III Laporkan Tak Ada Lonjakan Penumpang

Kamis, 24 Desember 2020 19:26 WIB
H-1 Angkutan Nataru, Pelindo III Laporkan Tak Ada Lonjakan Penumpang

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III melaporkan jumlah penumpang pada musim Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru) masih stabil, dan tidak mengalami lonjakan yang berarti.

Sejak H-7 hingga H-1, Pelindo III mencatat sedikitnya 39 ribu orang telah melalui sejumlah pelabuhan di wilayah kerjanya di tujuh provinsi di Indonesia. 

Baca juga : Terminal Kampung Rambutan Mulai Wajibkan Rapid Test Untuk Awak Bus Dan Penumpang

VP Corporate Communications Pelindo III R. Suryo Khasabu mengklaim, jumlah penumpang tertinggi ada di Pelabuhan Tenau Kupang. Tak kurang 8.400 orang telah melalui pelabuhan di wilayah timur Indonesia itu. Disusul Pelabuhan Tanjung Perak dengan jumlah 6.400 orang dan Pelabuhan Maumere 3.000 orang.

“Penumpang kapal laut pada musim Nataru kali ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan musim tahun lalu,  di mana pada periode H-7 hingga H-1, jumlah penumpang mencapai 98 ribu orang,” terangnya, Kamis (24/12).

Baca juga : Pemprov DKI Hapus Denda Tunggakan Pajak

Suryo menyebut, penurunan jumlah penumpang ini tak lepas dari situasi pandemi Covid-19. Imbauan untuk tidak bepergian hingga sejumlah syarat bepergian yang ditetapkan oleh pemerintah, menjadi pertimbangan bagi para calon penumpang untuk melakukan perjalanan.

Sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III juga dilengkapi Pos Koordinasi Terpadu Angkutan Nataru. Pos tersebut didukung oleh petugas dari berbagai instansi, untuk menjamin kelancaran dan keamanan, hingga ditegakkannya protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga : 369 Dokter Meninggal Akibat Corona, PB IDI Waspadai Lonjakan Pasca Libur Panjang

Pos tersebut akan beroperasi dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.