Dark/Light Mode

Isu Kudeta Demokrat Belum Reda

Yang Tua Mancing, Yang Muda Panasan

Senin, 8 Februari 2021 08:06 WIB
Pose Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko `ngopi` di akun Instagramnya. (Foto: Instagram/dr_moeldoko).
Pose Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko `ngopi` di akun Instagramnya. (Foto: Instagram/dr_moeldoko).

 Sebelumnya 
Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Andi Arief lebih panas. Dia membeberkan informasi yang diterimanya bahwa Moeldoko sudah ditegur Presiden Jokowi.

“KSP Moeldoko sudah ditegur Pak Jokowi. Mudah-mudahan tidak mengulangi perbuatan tercela terhadap Partai Demokrat,” tulisnya, di akun Twitter @Andiarief__, Jumat (5/2).

Baca juga : Kader Hingga Eks Kader Jadi Solid

Bagaimana pandangan pakar atas konflik ini? Pendiri Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menerjemahkan unggahan Moeldoko sebagai cara untuk mendapatkan dukungan publik. “Moeldoko ingin membuat kesan bahwa pertemuannya dengan beberapa kader Demokrat biasa-biasa saja,” ucapnya, kemarin.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari punya analisis lain. Menurut dia, dalam dunia bulutangkis, ledekan-ledekan yang disampaikan Moeldoko merupakan pengembalian smash yang dilakukan Partai Demokrat. Karena itu, Partai Demokrat harusnya tidak panas. Kalau panas, Moeldoko yang untung.

Baca juga : Demokrat Sulteng Ancam Pecat Kader Yang Dukung Rencana Kudeta AHY

"Dengan seperti ini, pamor dia (Moeldoko) ikutan naik. Bahkan dalam permainan ini, yang di-smash justru dapat angka," ulasnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Apa yang harus dilakukan Partai Demokrat? Kata Qodari, kuncinya adalah kesolidan internal. Kalau internal Demokrat kuat, seandainya memang Moeldoko melakukan gerakan, tidak akan mempan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.