Dark/Light Mode

Duduk Pun Tetap Menggelegar

Prabowo Jago Kalau Pidato

Rabu, 10 Februari 2021 06:25 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan pidato saat acara HUT Partai Gerindra ke-13. (Foto: Youtube/Partai Gerindra)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan pidato saat acara HUT Partai Gerindra ke-13. (Foto: Youtube/Partai Gerindra)

 Sebelumnya 
Prabowo mengatakan, saat ini partainya sudah membangun koalisi nasional yang besar. Ia mengatakan partainya diberi kehormatan, namun di sisi lain juga disorot.

“Kita juga akan ditantang. Karena itu kader partai politik ini harus selalu waspada. Harus selalu eling dan waspada. Ingat tak boleh lupa diri, tak boleh kagetan, tidak boleh besar kepala,” kata dia.

Ia mengingatkan, semakin diberi kepercayaan, Gerindra harus rendah hati. Prabowo pun berpesan agar kadernya mengingat ilmu padi, yakni semakin berisi semakin merunduk. “Rendah hati ciri khas seorang pendekar, bukan rendah diri,” pesannya.

Baca juga : Prabowo Dicari-cari

Sampai tadi malam, video tersebut sudah ditonton sebanyak 3.576 kali. Sebanyak 187 pengguna memberikan tanda suka dan 76 lainnya menuliskan komentar. Macam-macam komentarnya. Sebagian mendoakan Prabowo tetah sehat. Ada juga yang memuji gaya pidato Prabowo.

“Pidatonya mantap Pak. Daging semua,” puji pemilik akun Ilyas Faisal. Sementara akun Eling Teguh menanggapi pidato Prabowo dengan dingin. “Sudah tak percaya,” ucapnya. “Salam dari mimbar yang digebrak waktu kampanye di Jogja, Pak,” timpal @joko_prihanto.

Akun @rudyfox99 mengigatkan Prabowo jangan hanya jago berpidato. Dia bilang, Prabowo saat ini punya tugas menjaga kedaulatan negara. Tapi di lapangan tak kelihatan. Dulu saat kampanye pidato berapi-api sampai gebrak meja tak terlihat sekarang. “Pakde Fadli Zon bangunkan beliau,” cuitnya sambil me-mention akun @fadlizon.

Baca juga : Bank Mantap Gelar Undian "Buka Rejeki Mantap" Periode Satu

Senada disampaikan @herrysurya. Kata dia, Prabowo yang sudah jadi Menhan nggak kelihatan gagahnya seperti pidato waktu nyapres, mending 2024 nggak usah nyapres lagi. “Mending golput,” ujarnya.

Penulis asal Yogyakarta Phutut EA menilai pidato Prabowo yang mengucapkan banyak kata “siap” sebagai gelagat siap menghadapi 2024. “Pak Prabowo sudah siap-siap saja... Yang lain juga mau siap-siap, tapi takut ketahuan. Makanya diam-diam,” ujar @phututea.

Kenapa Prabowo jarang bicara tapi menggelegar saat pidato? Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, Prabowo memang sengaja tak banyak berbicara. Seperti saat menanggapi kasus korupsi yang melibatkan anak buahnya, Edhy Prabowo, begitu juga soal drone laut China.

Baca juga : KPK Tetapkan Eks Kepala BIG Priyadi Tersangka Korupsi Satelit

Menurut Ujang, Prabowo tidak buka suara dan muncul ke publik karena takut salah langkah. Jika salah langkah, elektabilitas Prabowo bisa tergerus. Apalagi berbagai insiden di atas sedang meniup Prabowo.

“Justru jika dia muncul, bisa saja akan jadi bulan-bulanan netizen dan publik,” kata Ujang. “Tentu berbeda jika Prabowo berpidato. Relatif lebih aman karena sudah dipandu dengan teks,” tukasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.