Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dua Pekan Jelang Coblosan, Politik Makin Edan

Kamis, 4 April 2019 10:00 WIB
Ferdinand Hutahaean (kiri) dan Ali Mochtar Ngabalin (kanan) (Foto: Istimewa)
Ferdinand Hutahaean (kiri) dan Ali Mochtar Ngabalin (kanan) (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua pekan jelang pencoblosan, situasi politik Tanah Air semakin edan. Di dunia maya, dimuncul-munculin foto dan video tak senonoh untuk menjatuhkan lawan. Di dunia nyata, aksi-aksi hitam seperti penghadangan dan pengeroyokan antar pendukung terjadi di depan mata.

Awalnya, muncul foto setengah bugil Ali Mochtar Ngabalin (pendukung 01). Sehari berselang, tersebar foto Ferdinand Hutahaean (pendukung 02) bertelanjang dada. Kelakuan di akar rumput tak kalah edannya. Ada pendukung Jokowi yang dipukulin, juga ada penghadangan kepada Maruf Amin.

Aktivitas para pegiat di media sosial seperti tak ada jedanya. Di hari libur kemarin, jagat Twitter masih heboh dengan berbagai topik terkait politik. Beberapa yang jadi sorotan adalah kemunculan foto Ali Mochtar Ngabalin dan Ferdinand Hutahaean.

Baca juga : Sibuk Kampanye, Kadang Jokowi Nggak Makan Siang

Ngabalin adalah pejabat Istana. Tepatnya Staf Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP). Ada pun Ferdinand, politikus Partai Demokrat. Jabatannya di DPP Demokrat adalah Ketua Divisi Hukum dan Advokasi. Kedua orang ini termasuk elite politik yang sering muncul di TV.

Ngabalin membela Jokowi. Ferdinand pembela Prabowo. Kemunculan foto dua elite itu punya kemiripan: berfoto dalam keadaan setengah telanjang. Foto Ngabalin yang setengah telanjang pertama kali beredar di grup-grup WhatsApp. Entah siapa yang pertama kali menyebarkan. Lalu merembet ke Twitter.

Dalam foto yang beredar, tampak seorang pria berkacamata sedang melihat ke arah kamera yang dipegang di bawah pinggang. Dada pria itu terbuka tanpa sehelai kain. Selain foto si pria yang setengah bugil, ada juga Google Map yang memperlihatkan lokasi Jetblue Check-in Terminal 4, Washington Dulles International Airport, Sterling Virginia, Amerika Serikat. Foto tersebut hilir mudik di Twitter.

Baca juga : DPR Perlihatkan Perjalanan Politik Dalam Prangko

Sehari berselang, giliran foto Ferdinand berseliweran. Ada fotonya yang setengah telanjang sedang berada di bathtub. Dan beberapa foto yang kurang pantas. Anehnya, foto-foto tersebut muncul pertama kali di akun @Ferdinand_Haean sendiri. Belakangan diketahui, akun itu diretas. Teranyar, beredar video saat Ferdinand tengah makan malam bersama seorang perempuan. Video itu diberi keterangan Ferdinand bersama selingkuhannya.

Dalam video berdurasi 38 detik itu, Ferdinand, yang mengenakan kaus putih, merangkul seorang perempuan. Namun wajah perempuan sudah diburamkan. Dalam video itu, Ferdinand mengungkapkan kebahagiaannya tengah makan malam yang romantis.

"Kita tadi sudah pesan makanan sama red wine untuk memperlancar peredaran darah," kata Ferdinand, sambil mencium pipi perempuan di sampingnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.