Dark/Light Mode

Pengamat Politik Saiful Mujani

Demokrat Pecah, PKS Tuai Berkah

Sabtu, 13 Maret 2021 17:30 WIB
Pengamat Politik Saiful Mujani (Foto: Istimewa)
Pengamat Politik Saiful Mujani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Saiful Mujani menilai, kisruh Partai Demokrat membawa berkah tersendiri bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Terutama, apabila pemerintah mengesahkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Jumlah yang tak puas dengan kinerja pemerintah, memang bukan mayoritas.  Tapi cukup besar, sekitar 30 persen. Ini adalah lahan cukup luas untuk membesarkan PKS," kata Saiful dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/3).

Pendiri Saiful Mujani Research & Consulting ini juga menjelaskan karakteristik PKS, yang selama ini berpolitik dengan narasi Islam. Dengan posisi PKS sebagai oposisi tunggal, maka seolah-olah PKS menjadi wakil umat Islam berhadapan dengan pemerintah.

Baca juga : Jika Hasil KLB Partai Demokrat Disahkan Pemerintah, Demokrasi Melemah

"Narasi ini bertemu dengan fakta, bahwa umat Islam memang terbelah secara politik," terang Saiful.

Ia juga berbicara tentang kemungkinan polarisasi politik identitas, yang bisa semakin dalam akibat kondisi ini. Peristiwanya telah dirasakan di dua pilpres terakhir.

"Dengan PKS sebagai oposisi tunggal, polarisasi politik karena identitas bisa menjadi semakin dalam. Demokrasi dan stabilitas politik kita dalam ujian berat," tuturnya.

Baca juga : KPK Kasih Lampu Hijau Tuh...

Beredar kabar, informasi struktur kepengurusan PD versi KLB telah ditetapkan. Namun, struktur lengkap masih penuh misteri.

Beberapa yang terungkap ke publik selain jabatan Ketua Umum Partai Demokrat Moeldoko adalah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang akan dijabat Marzuki Alie, dan posisi Sekretaris Jenderal yang akan dipercayakan kepada Jhonni Allen Marbun.

Jumat (12/3), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menggugat pelaksanaan KLB Partai Demokrat di Deli Serdang ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.